Jawabanmu

2014-05-11T19:26:50+07:00
Inilah awal beridirinya Kerajaan Majapahit:
Ketika Singasari jatuh ke tangan Jayakatwang, Raden Wijaya (menantu Kertanegara) lari ke Madura. Atas bantuan Arya Wiraraja, ia diterima kembali dengan baik oleh Jayakatwang dan diberi sebidang tanah di Tarik (Mojokerto). Ketika tentara Kublai Khan menyerbu Singasari, Raden Wijaya berpura-pura membantu menyerang Jayakatwang. 
Namun, setelah Jayakatwang dibunuh, Raden Wijaya berbalik menyerang tentara Mongol dan berhasil mengusirnya. Setelah itu, Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit (1293) dan menobatkan dirinya dengan gelar Sri Kertarajasa Jayawardhana.
2014-05-11T19:34:39+07:00
Berdirinya kerajaan majapahit sdh direncanakan oleh kertarajasa jayawarddhana ( raden wijaya ) ia mempunyai tgs utk melanjutkan kemegahan singhasari yg saat itu sdh hampir runtuh, saat itu dgn dibantu oleh arya wirraja seorng penguasa madura, raden wijaya meembuka hutan diwilayah yg disebut dlm kitab pararaton sbg hutannya orng trik. desa itu dinamai majapahit yg nmanya diambil dari buah maj dan rasanya pahit ketika pasukan mongol utk bertempur melawan jayakatwang. stelah menjatuhkan jayakatwang raden wijaya berbalik melawan pasukan mongol sehingga memaksa mereka menarik pulang kembali pasukannya.