Disebut juga sebagai politik balas budi (etische politiek) dengan motto “de Eereschuld” (hutang kehormatan).

Definisi : suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial memiliki tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi sebagai bentuk kritik terhadap pemberlakuan politik tanam paksa.
Pelopor dari politik etis adalah Pieter Brooshooft (wartawan Koran De Locomotief) dan C.Th. van Deventer (politikus). Mereka membuka mata pemerintah kolonial
Komentar sudah dihapus

Jawabanmu

2016-10-31T23:10:15+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
         politik etis / plitik balas budi merupakan sebuah kritikan pada politik tanam paksa sehingga pihak pemerintah belanda akan bertanggung jawab dengan keadaan moral maupun kesehatan masyrakat pribumi. politik ini di pelopori oleh 2 tokoh yaitu :
1.) Pieter Brooshooft (wartawan Koran De Locomotief)
2.) C.Th. van Deventer (politikus)
hasilnya kritik tersebut membuka hati pihak kolonial untuk lebih memperhatikan nasip para pribumi. politik ini menghasilkan program kebijakan kolonial yang di kenal dengan ( Trias Van deventer ) meliputi :
⇒ Irigasi (pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian.
⇒ Emigrasi yakni mengajak penduduk untuk bertransmigrasi.
Edukasi yakni memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan.

3 4 3