Novel merupakan cerita fiksi yang berbentuk prosa, dalam bentuk tulisan atau kata-kata dan mempunyai unsur instrinsik dan ekstrinsik. Sebuah novel biasanya menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya.
Conoh Novel sastra antara lain :
v Perhiasan Bulan karya Korrie Layun Rampan
v Kerudung merekah kimizi karya Remy Sylado
v Layar terkembang karya Sultan Takdir Alisjahbana
v Para priyayi karya Umam Kayam
v Tetralogi pulau buru karya Pramudya Ananta Toer
terima kasih atas jawabannya
iya
hmmm

Jawabanmu

2014-05-11T18:42:36+07:00
Novel adalah karangan prosa yang lebih panjang dari cerita pendek dan menceritakan kehidupan seseorang dengan lebih mendalam dengan menggunakan bahasa sehari-hari serta banyak membahas aspek kehidupan manusia.
Contoh novel mis, Laskar Pelangi & Sang Pemimpi
2014-05-11T18:44:02+07:00
Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif; biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Kata novel berasal dari bahasa italianovella yang berarti "sebuah kisah atau sepotong berita". Novel lebih panjang (setidaknya 40.000 kata) dan lebih kompleks dari cerpen, dan tidak dibatasi keterbatasan struktural dan metrikal sandiwara atau sajak. Umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehari-hari, dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut. Novel dalam bahasa indonesia dibedakan dari roman. Sebuah roman alur ceritanya lebih kompleks dan jumlah pemeran atau tokoh cerita juga lebih banyak.  

Contohnya : Harry Potter, Twilight, Alice in Wonderland