1. Bentuk bumi pepat di kedua kutubnya dan menggembung di daerah khatulistiwa. Hal ini diakibatkan dari...
a. revolusi bumi
b. rotasi bumi
c. gravitasi bumi
d. rotasi dan revolusi bumi

2. Massa planet berpengaruh terhadap gaya gravitasi planet, karena gaya gravitasi planet...
a. sebanding dengan massa
b. berbanding terbalik dengan massa
c. sebanding dengan kuadrat massa
d.berbanding terbalik dengan kuadrat massa

*tolong jelaskan sebabnya*

2

Jawabanmu

2014-01-25T11:15:50+07:00


1. REVOLUSI DAN ROTASI BUMI

2. BERBANDING TERBALIK DENGAN MASSA

2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-01-25T15:35:04+07:00
1. b. rotasi bumi. karena bumi terus menerus berputar pada sumbunya (berotasi). Akibat rotasi, sifat lembam (inersia) yang dimiliki oleh bumi mengakibatkan bagian di sekitar khatulistiwa berayun kea rah luar, sehingga di sekitar khatulistiwa terjadi penggembungan dan di kedua kutubnya terjadi pemepatan.

2. b. berbanding terbalik dengan massa. Karena
semakin dekat partikel uji dengan pusat massa obyek, semakin besar gaya yang bekerja pada "partikel uji" tersebut. Pertambahan gaya berbanding terbalik dengan kuadrat jarak yang memisahkan kedua pusat massa.
5 5 5