Kak, tolong bantu jelasin soal yang ini dong. Suatu persegi panjang dengan perbandingan panjang dan lebarnya 2 : 3. Jika kelilingnya 40m, tentukanlah luasnya.
Tolong bantuannya ya kak, soalnya dibuku gaada contohnya.

2

Jawabanmu

2014-05-11T13:38:15+07:00
Keliling = p+p+l+l
           = 2p + 2l
maka,
setengah keliling = p + l
20 m                  = p + l
untuk mecari panjang:
3/5 * 20 = 12 m
untuk mencari lebar:
2/5 * 20 = 8 meter

luas = p*l
       = 12 * 8
       = 96 m^2
Jawaban paling cerdas!
2014-05-11T13:39:31+07:00
Perbandingan panjang dan lebar = 3 : 2
jadi panjang = 3 lebar = 2x 
rumus keliling = 2(panjang+lebar) = 2(3x+2x) =2(5x) = 10x
diketahui keliling = 40 m dg persamaan 10x
40m = 10x 
x = 4 
panjang = 3x = 3*4 = 12 m
lebar = 2x = 2*4 = 8 m

Thanks :)
sama-sama tapi saya lupa menuliskan luasnya, maaf ya
Iya gapapa, kalo itunya udah ketemu, udah paham qo.
oke sip sip ;)