Alveoli adalah kantung kecil di dalam paru-paru kita yang memungkinkan oksigen dan karbon dioksida untuk bergerak di antara paru-paru dan aliran darah. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana mereka berfungsi.

Jawabanmu

2014-05-11T12:49:25+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Alveolus adalah percabangan dari bronkiolus, berbentuk bulat2 kecil dan berfungsi sebagai tempat pertukaran gas O2 dan CO2 dalam pernapasan manusia


maaf kalau ada kekeliruan...
kalau ada balas saja di komen
2014-05-11T12:53:06+07:00
Struktur alveolus:
1. Alveolus berupa kantong-kantong kecil mirip anggur yang jumlahnya sangat banyak. 
2. Permukaan bagian dalam alveolus dilapisi oleh epitelium yang memungkinkan terjadinya difusi gas oksigen dan karbon dioksida. 
3. Permukaan bagian luar alveolus terdapat jaringan kapiler darah. Jaringan pakiler darah ini mempercepat terjadinya proses difusi dan pengangkutan gas-gas pernapasan. 
4. Dinding alveolus sangat tipis sehingga gas-gas dapat berdifusi dengan mudah melewati membran alveolus. 

fungsi alveolus :
1). fungsi alveoli termasuk menyimpan udara untuk sementara waktu untuk memungkinkan penyerapan oksigen kedalam darah.2) fungsional unit paru-paru adalah kantung udara kecil yang muncul dari bronkiolus yang disebut alveoli. bandara terminal kantung udara adalah daerah dimana pertukaran gas terjadi di dalam paru-paru. ( co2 dan o2).
6 3 6