Proses Spermatogenesis dan Oogenesis yang mudah dipahami dan ringkas?

2
yang q tw spermatogenesis adalah proses pembentukan sperma . yang diawali dengan spermatogonia dan akan membelah dan membelah menjadi spermatogonium (yang mempunyai 23 kromosom..) prosesnya terjadi didalam testis hahahahaha

Jawabanmu

2014-05-11T12:10:12+07:00
Proses terbentuknya sel mani atau spermatozoa disebut spermatogenesis.
sedangkang proses pembentukan ovum atau sel telur disebut oogenesis.
Jawaban paling cerdas!
2014-05-11T12:16:11+07:00
Spermatogenesis
Spermatogonium -> spermatosit primer  (mitosis)
Spermatosit primer -> 2 spermatosit sekunder (meiosis 1)
2 spermatosit primer (masing2 membelah) -> menjadi spermatid (4) (meiosis 2)
4 Spermatid -> sperma (4)
Jadi setiap satu kali spermatogenesis menghasilkan 4 sperma

Oogenesis
Oogonium  -> oosit primer (mitosis)
Oosit primer  -> oosit sekunder dan badan kutub 1 (meiosis 1)
Badan kutub satu  -> 2 buah badan kutub 2 (meiosis 2)
Oosit sekunder -> ootid dan badan kutub (meiosis 2)
Ootid ->  ovum (1)
Jadi setiap satu kali Oogenesis mengghasilkan satu ovum  

Semoga membantu dan maaf kalo ada yg salah..



2 4 2