Jawabanmu

2014-05-11T12:19:23+07:00
Bagian kepala,bagian badan,bagian kaki,tempat produksi nada,celah,lubang nada 0,1,2,3,4,5.
8 3 8
2014-05-11T12:26:50+07:00
Bagian kepala,bagian badan,bagian kaki,tempat produksi nada,celah,lubang nada 0,1,2,3,4,5.
Pengertian Musik Ansambel
Kata ansambel berasal dari bahasa Perancis. Ansambel berarti suatu rombongan music atau sandiwara. Sedangkan pengertian ansambel menurut kamus musik (M.Suharto:1992 ), ansambel adalah kelompok kegiatan musik dengan jenis kegiatan seperti yang tercantum dalam sebutannya. Biasanya tampil sebagai hasil kerja sama peserta, di bawah pimpinan seorang pelatih. Misalnya ansambel tari dan nyanyi, ansambel recorder, ansambel gitar.
Dari asal kata tersebut di atas maka dengan jelas dapat diketahui bahwa suatu rombongan menunjukkan sejumlah personal/anggota/banyak orang, yang menjelaskan bahwa kerja sama itu lebih dari satu orang yang mempunyai ikatan tertentu. Karena dalam bab ini yang dibicarakan adalah masalah musik, dengan memainkan alat musik tertentu, dan memainkan lagu – lagu tertentu yang diaransemen secara sederhana.
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan, musik ansambel adalah bermain musik secara bersama – sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu, serta memainkan lagu – lagu dengan aransemen sederhana.
Menurut penyajian musik ansambel dibagi menjadi dua, yaitu musik ansambel sejenis dan musik ansambel campuran.
2. Musik Ansambel Sejenis
Musik ansambel sejenis, yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan alat – alat musik sejenis. Contoh : ansambel recorder, maka semua penyajian ansambel memainkan alat musik recorder.
3. Musik Ansambel Campuran
Musik ansambel campuran, yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik. Alat – alat musik yang digunakan beberapa/bermacam – macam jenis alat musik. Contoh : ansambel campuran yang akan memainkan lagu – lagu tertentu, maka alat musik yang digunakan terdiri beberapa macam alat musik, antara lain recorder, pianika, gitar, castanget, triangle, tambourine, dan cymbal.
Musik ansambel diaktakan berhasil apabila hasil dari penyajian tersebut enak didengar, indah, dan harmonis. Keberhasilan tersebut akan terwujud apabila :
1. Pembagian alat – alat musik seimbang
2. Tiap – tiap pemain tampil dalam memainkan alat musiknya secara disiplin, tertib, dalam memperhatikan partitur dan dirigen
3. Kerja sama dalam bermain musik sangat diutamakan
4. Balance ( keseimbangan dalam pembagian alat musik yang dimaksud adalah keseimbangan dalam hasil suara yang dibunyikan dari pembagian alat musik tersebut )
8 4 8