1. Jika 200 ml larutan NH4CL
mempunyai pH = 4 dan Kb NH3 = 10^-5, tentukan jumlah ammonium klorida
yang terlaru dalam larutan tersebut.. (Ar N = 14, H = 1, Cl = 35,5)



a. 157 gram

b. 107 gram

c. 112 gram

d. 47 gram

e.152 gram

2.
Sebanyak 25 ml larutan NH4OH
0,2 M dicampurkan dengan 25 ml larutan HCl 0,2 M (Kb=10^-5) akan
membentuk larutan dengan pH=..



a. 10 b. 9 c. 8 d. 5 e. 4

3. Jika Ka CH3COOH = 1,8x10^-5
dan Kb NH4OH = 10^-5, maka besarnya nilai pH satu liter CH3COONH4 0,1
M adalah..



a. 5 b. 6 c. 7 d. 8 e. 9

mohon bantuannya ya terimakasih banyak :)

2

Jawabanmu

2014-05-11T09:27:22+07:00
Diketahui. 
V = 200 mL 
pH = 4 
Kb = 10^(-4) 
Ditanya: 
m NH4Cl = . . . . ? konsentrasi garam NH4Cl misal kan = [garam] 
Solusi 
pH = 4, makan [H+] = 10^(-4) 
rumus hidrolisis garam asam 
[H+] = akar dari (Kw/Kb x [garam] ) 
10^(-4) = akar dari (10^(-14)/(10^(-5) x [NH4Cl] ) ===> kedua sisi dikuadratkan! 
10^(-8) = 10^(-9) x [garam] 
[garam] = [NH4Cl] = 0,1 M 

Mr NH4Cl = 14+4(1)+35,5 = 53,5 
M = gram/Mr x 1000/volume 
0,1 = gram / 53 x 1000/200 
0,1 = gram/53 x 5 
shg 
Gram NH4Cl = 0,1/5 x 53.5 = 107 gram 

no 2 dan 3 sama caranya
7 2 7
Jawaban paling cerdas!
2014-05-11T09:41:28+07:00
Cari mol NH4OH dulu = M.V = 0,2Mx25ml = 5mmol
Cari mol HCL dulu = M.V = 0,2Mx25ml = 5mmol

Bikin persamaan reaksinya :
      NH4OH + HCL       -->  NH4CL + H20
M: 5 mmol      5 mmol            -            -
R:  5 mmol      5 mmol       5 mmol  5mmol
S:      -              -               5 mmol  5mmol

Cari M garam (NH4CL) = mol NH4CL/Vtotal = 5mmol/50= 0,1 M

 H^{+} =  \sqrt \frac{Kw.M}{Kb} }
 H^{+} =  \sqrt  \frac{10 ^{-14} . 10 ^{-1} } {10^{-5}}
 H^{+} =  \sqrt{10^{-10}}
 H^{+} = 10^{-5}

PH = 5 (d)

2 5 2