Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-10T22:20:06+07:00
Misalnya tali mula2 panjang nya 1 bagian , brarti kalo di potong 1/3 nya jadi tinggal 2/3 bagian , trus di potong 3/4 dari sisanya, berarti 3/4 dari 2/3 bagian = 1/2, berarti 2/3 - 1/2 = 1/6 bagian (60 cm). Kalau 1/6 bagian nya 60 cm, berarti 1 bagiannya kan 360 cm. Jadi panjang tali semula 360 cm
1 5 1
2014-05-10T22:21:51+07:00
panjang seutas tali, mula-mula dipotong 1/3 nya. kemudian dipotong lagi 3/4 dari sisa talinya. tali itu sekarang tinggal 60 cm. panjang tali semula adalah...

misalkan panjang tali = x
maka
1/3X + 3/4(x-1/3X) + 60 = x
1/3X + 3/4 (2/3X) + 60 = X
1/3X +1/2X + 60 = X
................................................. seluruh ruas dikalikan 6
2X + 3X + 360 = 6X
5X + 360 = 6X
6X-5X = 360
X = 360 cm
jadi panjang tali awal = 360 cm