Jawabanmu

2014-05-10T20:25:22+07:00
Cekung :
Jumlah ruang letak benda dan letak bayangan selalu = 5Jika ruang bayangan > ruang benda maka sifat bayangannya diperbesar.Jika ruang bayangan < ruang benda maka sifat bayangannya diperkecilHanya bayangan di ruang 4 yang bersifat maya dan tegak selebihnya bersifat nyata dan terbalik
1 4 1
Jawaban paling cerdas!
2014-05-10T20:26:39+07:00
Cermin datar, memiliki permukaan datar dan halus pada bagian pemantulannya umumnya terbuat dari kaca yang pada bagian belakangnya dilapisi logam tipis mengkilap sehingga tidak tembus cahaya.
Sifat - sifat cermin datar:
Bayangannya maya ( tidak dapat dipegang), terbentuk karena sinar - sinar pantul yang teratur, dan terletak di belakang cermin.Bayangannya sama tegak dengan bendanyaBayangannya sama besar dengan bendanyaBayangannya sama tinggi dengan bendanyaCERMIN CEKUNG, memiliki permukaan pemantul yang cekung, memiliki sifat mengumpulkan sinar pantul atau konvergen
Sinar - sinar istimewa pada cermin cekung:Bila sinar datang sejajar dengan sumbu utama, ia akan dipantulkan melalui titik fokus (F)Bila sinar datang melalui titik fokus, maka pantulannya akan sejajar dengan sumbu utamaBila sinar datang melalui titik pusat kelengkungan cermin. maka sinar akan dipantulkan melalui titik itu juga (** sinar datang melalui titi M, maka pantulannya akan melalui titik M juga).CEMIN CEMBUNG, bagian mukanya melengkung ke luar, titik fokusnya berada di belakang cermin. Sifat cermin cembung adalah menyebarkan sinar (divergen)
Sinar - sinar istimewa cermin cembung:Jika sinar datang sejajar dewngan sumbu utama, maka akan dipantulkan kembali seolah-olah sinar itu datang dari titik fokus.Jika sinar datang menuju titik fokus, maka akan dipantulkan kembali sejajar dengan sumbu utama.Jika sinar datang menuju titik M (2F), maka akan dipantulkan kembali melalui titik sinar masuknyaSifat bayangan pada cermin cembung adalah maya dibelakang cermin, sama tegak, dan diperkecil.

1 5 1