Jawabanmu

2014-05-10T16:12:51+07:00
Lemak Jenuh
Lemak jenuh sangat dikenal sebagai peningkat kolesterol LDL (kolesterol yang buruk). Lemak tak jenuh memiliki struktur kimia yang sepenuhnya dengan atom hidrogen dan tidak mengandung dua rantai ikatan antara atom-atom karbon. Asam lemak jenuh mempunyai rantai zig-zig yang dapat cocok satu sama lain, sehingga gaya tarik vanderwalls tinggi, sehingga biasanya berwujud padat
Lemak jenuh sangat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja nugget dan sosis yang sangat sering kita temui di supermarket. Lemak jenuh lebih bersifat padat ketika berada di dalam suhu ruangan.
 Lemak Tak Jenuh
Lemak tak jenuh juga dikatakan sebagai lemak yang baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh berbentuk cair dalam suhu kamar dan mempunyai struktur ikatan kimia yang berisi dua rantai ikatan. adapun menurut penelitian, lemak tak jenuh sangat baik untuk menyehatkan jantung karena dapat menurunkan kolesterol LDL dan dapat meningkatkan HDL kolesterol ( kolesterol yang baik).
Adapun yang harus kita lakukan saat diet untuk menurunkan kolesterol adalah menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh tinggi.
Lemak tak jenuh terbagi atas :
1. Lemak tak jenuh tunggal, contohnya : minyak olive dan minyak canola.
2. Lemak tak jenuh ganda, contohnya : ikan salmon dan minyak zaitun.