Jawabanmu

2014-05-09T19:40:30+07:00
Muatan suatu koloid dapat diketahui dengan cara elektroforesis. Cara elektroforesis tersebut berdasarkan pada kemampuan partikel koloid yang bermuatan listrik bergerak pada medan listrik. Alat elektroforesis tersusun atas dua electrode yang bermuatan positif dan negative.

Larutan koloid yang bermuatan negative akan bergerak kea rah electrode positif. Sebaliknya, larutan koloid yang bermuatan positif akan bergerak ke arah electrode yang bermuatan muatannya.

Prinsip kerja elektroforesis dapat digunakan untuk mengatasi pencemaran udara. Asap buangan pabrik mengandung partikel-partikel koloid, seperti asap dan debu. Alat pengendap elektrostatik yang dikenal dengan alat Cottrell, dapat mengurangi jumlah asap dan debu di udara yang dihasilkan pabrik.

Alat pengendap Cottrell tersusun atas beberapa plat logam yang bermuatan. Asap dari cerobong pabrik dialirkan kedalam pengendap Cottrell sehingga partikel koloid akan tertarik kedalam plat yang muatannya berlawanan.
4 4 4
2014-05-09T19:41:16+07:00
Koloid dapat bermuatan disebabkan permukaan partikel koloid menyerap ion. Untuk menunjukkan apakah suatu koloid bermuatan dapat dilakukan dengan sel elektroforesis. Sel elektroforesis merupakan system koloid dimasukkan dua batang electrode yang dihubungkan dengan sumber arus searah. Maka, partikel koloid (yang bermuatan) akan bergerak kesalah satu electrode bergantung pada jenis muatannya.
tahapan untuk cara elektroforesis?? tolong iya