Gelembung gas ini terbentuk karena ion positif mengalami reaksi reduksi dan ion negatif mengalami oksidasi.
Gelembung-gelembung gas berasal reaiksi reduksi pada air (H2O). Gelembung tersebut adalah gas hidrogen (H2) .\
terima kasih

Jawabanmu

2014-05-09T15:10:47+07:00
Larutan elektrolit mengandung partikel-partikel yang bermuatan  (kation dan anion). Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh kimiawan dan fisikawan Inggris, Michael Faraday (1791-1876), diketahui bahwa jika arus listrik dialirkan ke dalam larutan elektrolit akan terjadi proses elektrolisis yang menghasilkan gas. Gelembung gas ini terbentuk karena ion positif mengalami reaksi reduksi dan ion negative mengalami reaksi oksidasi.
Smoga membantu..
2014-05-09T15:41:40+07:00
Tambahan :
gas hidrogen yang terkandung dalam gelembung larutan elektrolit. 

Larutan elektrolit mengandung partikel-partikel yang bermuatan (kation dan anion). 
diketahui bahwa jika arus listrik dialirkan ke dalam larutan elektrolit akan terjadi proses elektrolisis yang menghasilkan gas. Gelembung gas ini terbentuk karena ion positif mengalami reaksi reduksi dan ion negatif mengalami oksidasi. Contoh, pada laruutan HCl terjadi reaksi elektrolisis yang menghasilkan gas hidrogen sebagai berikut. 
HCl(aq)→ H+(aq) + Cl-(aq) 
Reaksi reduksi : 2H+(aq) + 2e- → H2(g) 
Reaksi oksidasi : 2Cl-(aq) → Cl2(g) + 2e- 

Larutan elektrolit terbagi menjadi 2 macam, yaitu elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah 

Pada larutan elektrolit kuat, seluruh molekulnya terurai menjadi ion-ion (terionisasi sempurna). Karena banyak ion yang dapat menghantarkan arus listrik, maka daya hantarnya kuat. pada persamaan reaksi, ionisasi elektrolit kuat ditandai dengan anak panah satu arah ke kanan.