1) Tentukan pH larutan yang dibuat dengan mencampurkan 100 ml larutan NH _{3} 0,1 M dengan larutan  NH_{4}Cl 0,1 M (Kb = 1,8 x  10^{-5} )

2) 100 ml larutan CH_{3}COOH 0,2 M di campur dengan 100 ml larutan NaOH 0,1 M. Tentukan pH sebelum dan sesuah di campur (Ka =  10^{-5}

3) Periksalah reaksi berikut apakah bersifat penyangga atau bukan:
a) 50 ml larutan NH _{3} 0,2 M + 50 ml larutan HCl 0,1 M
b) 50 ml larutan HCl 0,1 M + 50 ml larutan NaOH 0,1 M

2

Jawabanmu

2014-05-09T14:26:06+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
2.
pH sebelum dicampur, 

larutan asam cuka, 

[H^+] = √(Ka M) 

pH = -log [H^+] 

pH = -log √(Ka M) 

pH = -log √(10^-5 * 0.2) 

pH = 2.85 




NaOH, 

pH = 14 + log [OH^-] 

pH = 14 + log (0.1) 

pH = 13 





setelah bercampur, 

mol asam cuka = 100 * 0.2 = 20 mmol 

mol NaOH = 100 * 0.1 = 10 mmol 

asam cuka tersisa = 10 mmol 

terjadi larutan buffer, 

pH = pKa + log ([garam]/[asam]) 

pH = 5 + log (10/10) 

pH = 5


3.
A
NH3 = 50 ml x 0,2 M = 10 mmol
HCl  = 50 ml x 0,1 M =  5 mmol
sehingga apabila direaksikan maka yang tersisa adalah NH3 ( basa lemah). Dan larutan penyangga hanya berlaku apabila yang tersisa adalah basa lemah atau asam lemah.
Maka campuran tersebut merupakan larutan penyangga dengan komponen penyangga yaitu NH3.



1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-05-09T14:33:02+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.





1) Tentukan pH larutan yang dibuat dengan mencampurkan 100 ml larutan NH3 0,1 M dengan larutan NH4Cl 0,1 M (Kb = 1,8 x 10-5)
jawab:
b = 100 . 0,1 = 10 mmol (NH3)
g = 100 . 0,1 = 10 mmol(NH4Cl)
POH = -log Kb . b/g
= -log 1,8 .10^-5 . 10/10
= 5 - log 1,8 = 5- 0,3 = 4,7
PH = 14 - 4,7 = 9,3

2) 100 ml larutan CH3COOH 0,2 M di campur dengan 100 ml larutan NaOH 0,1 M. Tentukan pH sebelum dan sesuah di campur (Ka = 10-5)
CH3COOH + NaOH .............> CH3COONa + H2O
20 mmol        10 mmol
10 mmol        10 mmol              10 mmol        10 mmol
..................................................................................
10 mmol          -                        10 mmol        10 mmol

a = 10 mmol
b = 10 mmol

PH = -log Ka . a/g
= -log 10^-5 . 10/10
= 5


3) Periksalah reaksi berikut apakah bersifat penyangga atau bukan:
a) 50 ml larutan NH3 0,2 M + 50 ml larutan HCl 0,1 M..........> NH4Cl
                       10 mmol                          5 mmol
                         5 mmol                          5 mmol                    5 mmol
.........................................................................................................
                       5 mmol                            -                              5 mmol

sisa asam lemah , jadi buffer asam
b) 50 ml larutan HCl 0,1 M + 50 ml larutan NaOH 0,1 M
..........> NaCl + H2O
                       5 mmol                              5 mmol
                       5 mmol                              5 mmol                  5 mmol    5 mmol
.......................................................................................................................
                           -                                    -                            5 mmol    5 mmol
jadi krn asam dan basanya tak bersisa, maka bukan buffer tp "HIDROLISIS"
2 5 2