Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-09T14:10:11+07:00
Contoh model matematika dengan persamaan linear satu variabel
1.  Selisih dua bilangan adalah 7 dan jumlah keduanya adalah 31. Buatlah model matematikanya dan tentukan ke dua bilangan tersebut.Penyelesaian :Model matematikanya  Bilangan I      = x                                       Bilangan II   = x + 7Dan penyelesaian dari Model matematika di atas adalah x + ( x + 7 )    = 31         2x + 7     = 31                2x    = 31 – 7                2x    = 24                  x    = 12Jadi Bilangan I            = 12        Bilangan II          = x + 7                                    =12 + 7                                    = 192.    Seorang petani mempunyai sebidang tanah berbentuk persegi panjang. Lebar tanah tersebut 6 m lebih pendek daripada panjangnya. Jika keliling tanah 60m, Buatlah model matematika dan tentukan luas tanah petani.Penyelesaian :Misalkan panjang tanah = x, dan lebar tanah = x-6           Jadi model matematikanya adalah p = x   dan l = x – 6 .           Sedangkan untuk penyelesaian dari model matematika di atas adalah :            K         = 2 ( p + l )                              Luas tanah = p x l           60        = 2 ( x + x – 6 )                                          = x ( x – 6 )                    60        = 2x + 2x – 12                                            = 18 ( 18 – 6 )            60        = 4x – 12                                                    = 18 x 12            72        = 4x                                                            = 216            18        = x

B.  Untuk membuat / menentukan model matematika dari suatu kalimat terbuka dalam PtLSV  langkah – langkahnya yaitu :1.        Mengambil sebuah huruf untuk melambangkan peubah.2.        Membentuk pertidaksamaan.3.        Menyelesaikan pertidaksamaan itu.Contoh model matematika dengan persamaan linear satu variabel1.      Daya angkut 800 kg artinya muatan maksimum yang boleh diangkut mobil tersebut 800 kg. Dengan kata lain muatan mobil tersebut harus kurang dari atau sama dengan 800 kgJika di tulis dalam model matematika yaitu x ≤ 8002.      Uang saku kiki Rp. 2.000,00 lebih banyak dari uang saku adiknya. Setiap hari Ibunya memberi uang setinggi – tingginya Rp. 15.000,00. Buatlah model matematika dan tentukan batas maksimal uang saku kiki dan adiknya.Penyelesaian :Misalkan : Uang saku kiki        = x                  Uang saku adiknya            = ( x – 2000)Model matematikanya = x + ( x – 2000 ) ≤ 15. 000                                     = 2x – 2000 ≤ 15.000Dengan model matematika tersebut untuk memyelesaikan pertanyaan di atas adalah :2x – 2000 ≤ 150002x             ≤ 15000 + 20002x             ≤ 17000x               ≤ 8500Jadi uang saku kiki maksimal Rp. 8.500,00 sedangkan uang saku adiknya adalah Rp. 6.500,00.
3.      Suatu model kerangka balok terbuat dari kawat dengan ukuran panjang (x+ 5) cm, lebar (x – 2) cm, dan tinggi x cm.a. Tentukan model matematika dari persamaan panjang kawat yang diperlukan dalam x.b. Jika panjang kawat yang digunakan seluruhnya tidak lebih dari 132 cm, tentukan ukuran maksimum balok tersebut.
Penyelesaian :
a.       Misalkan panjang kawat yang diperlukan = K,      maka model matematikanya sebagai berikut.K = 4p + 4l + 4t    = 4(x + 5) + 4(x – 2) + 4 x                                                   = 4x + 20 + 4x – 8 + 4x                                                                          = 12x + 12                                                          
b.       Panjang kawat tidak lebih dari 132 cm dapat ditulisK = 12x + 12 ≤ 132 cm, sehingga diperoleh12x + 12 ≤ 13212x         ≤ 132 – 1212 x        ≤ 120x             ≤ 10 

Nilai maksimum x = 10 cm, sehingga diperoleh= (x + 5) cm = 15 cm= (x – 2) cm = 8 cm= x = 10 cm.Jadi, ukuran maksimum balok adalah (15 10) cm.

sisanya di PDF ya :)
3 5 3
2014-05-09T14:14:42+07:00
Contoh ptlsv:
1. sebuah mobil truk bisa mengangkut barang dng muatan tidak lebih 100 kg, Andi mempunyai berat 50 kg dan dia akan mengangkut box yang berat setiap kotaknya adalah 5kg, maka berapa kotak yang bisa ia angkut dalam sekali pengangkutan?
cotoh plsv:
1. Seorang ibu berumur 28 tahun , ketika anaknya lahir. berapakah umur anak itu ketika jumlah umur mereka 48 tahun?

3 3 3