Jawabanmu

2015-08-23T06:48:49+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Adiwiyata            
Adiwiyata adalah suatu program penghargaan yang menyatakan suatu sekolah SMA,SMP maupun SD yang memiliki kebersihan dan kesehatan sekolah yang sangat baik.Bukan  hanya halamannya saja yang bersih tetapi ruangan yang lain seperti kelas, kantin, lapangan, dan toilet pun harus bersih. Dalam program ini diharapkan setiap semua warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Tak lain, program lingkungan yang ditujukan pemerintah ini  untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk melestarikan lingkungan.
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar gelar adiwiyata di suatu sekolah dalam suatu kota. Gelar tersebut adalah gelar bergengsi untuk kalangan sekolah karena dapat menjadi suatu  magnet orang untuk mendaftar ke sekolah tersebut. Pemerintah pun mengadakan pemilihan penghargaan itu pun untuk meningkatkan kebersihan kota sendiri dan juga untuk memberikan apresiasi kepada setiap sekolah yang bersih.Salah satu sekolah adiwiyata yang akan di bahas adalah  SMAN 4 Tangerang.       
Saat kita berada di lingkungan yang bersih dan indah, maka hati dan perasaan kita juga menjadi nyaman, dan ingin lama-lama berada ditempat tersebut. Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih memang tidak mudah tapi juga bukan tidak mungkin bisa kita lakukan.Kriteria yang termasuk dalam Adiwiyata sendiri bukanlah sekolah yang elit, sekolah yang mahal ataupun sekolah artis yang terkenal .Tetapi latar belakang Adiwiyata sendiri adalah  kebersihan sekolah tersebut. Dalam mewujudkan sekolah yang bersih SMA 4 tidak hanya guru  dan TU saja yang membersihkan sekolah tetapi semua anggota baik siswa, siswi, guru,TU, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan masyarakat yang ada di sekolah turut serta dalam mewujudkan sekolah yang bersih. SMAN 4 mengerahkan segala cara untuk membersihkan sekolah. Contohnya:
ü Mengadakan  Sabsih ( Sabtu Bersih)
Program Sabtu Bersih ini adalah suatu program  yang mewajibkan setiap seluruh warga kelas untuk membersihkan kelas dari mulai menyapu,mengepel,mencuci taplak meja dan hingga membersihkan langit langit jendela. Wali kelas pun menjadi pembimbing dan selalu mengontrol program Sabsih ini.Jika ada satu kelas saja yang tidak mengepel kelasnya akan di umumkan di speaker sekolah dan akan di panggil ketua kelasnya. Biasanya hal tersebut menjadi sanksi yang efektif karena pasti siswa siswi yang ada di kelas tersebut malu jika kelasnya di umumkan tidak mengepel atau bahkan kelasnya berantakan.
ü Mengadakan Jadwal Piket Kelas
Dengan adanya piket antar kelas yang terjadwal,setiap kelas pun akan menjadi bersih di setiap harinya. Biasa di lakukan dalam piket kelas yaitu menyapu lantai, mengangkat bangku ke atas meja agar mempermudah dalam pembersihan kelas hingga mensterilkan kolong meja dari sampah sampah. Itu semua dilakukan setiap hari dengan kelompok piket yang sudah di tetapkan. Seksi Kebersihan akan menjadi penanggung jawab Piket kelas ini.
ü Mengadakan  Penanaman pohon
Program penanaman pohon  ini biasa di lakukan dengan adanya tugas dari guru untuk membawa sebuah pohon obat untuk ditanam  dengan berkelompok contoh :  Pohon mahkota dewa.Program ini di kerjakan secara kelompok dalam 1 kelas bisa membawa 3-6 pohon untuk di tanam sedangkan di SMA 4setiap tingkatan kelas terdapat lebih dari 5 kelas sehingga banyak pohon yang di tanam setiap tahunnya pun terus bertambah membuat taman di sekolah kami makin hijau dan rindang.
ü Car Free day
Setiap sabtu biasanya banyak sekali siswa siswi yang membawa sepeda ke sekolah dan bukan hanya murid guru pun ada juga yang membawa sepeda .Bahkan saat opening ultah SMAN 4 pun panitia Four Fact membuat acara Fun Bike keliling kota tangerang yang di ikuti lebih dari 100 siswa guru pun ikut dalam acara tersebut.
ü Memisahkan sampah organik dan non organik
Memilah milih sampah organik dan non organik untuk membantu mempermudah mendaur ulang sampah,tempat sampah terbagi 2 yang untuk organik tong sampah berwarna kuning dan tempat sampah berwarna biru untuk non organik. Sampah yang tergolong organik : kertas, tissue, kulit buah, bekas serutan pensil.
Sampah yang tergolong non organik : plastik, bekas wadah makanan, pulpen bekas, botol minuman, sterofom , bungkus permen.
ü Mendaur ulang sampah
Tepat pada bagian parkiran belakang sekolah,   terdapat   TPS  (tempat pembuangan sementara) yang sudah di pisah menjadi organik dan non organik. Dari tempat tersebut botol minuman dan kardus kemudian di pisah kembali untuk di jual lagi ke tempat barang bekas.Untuk sampah organik,kertas kertas bekas di daur ulang menjadi kertas daur ulang warna warni untuk membungkus kado dan sering di pajang di mading sekolah. Untuk sampah organik lainnya bisa di daur ulang menjadi pupuk organik.
1 5 1