menceritakan tentang kerajaan Kahuripan, Singasari dan Majapahit sendiri. Kitab ini ditulis di atas sebuah lontar, dan merupakan suatu karya agung pada masa kerajaan Majapahit
Menguraikan keadaan dikeraton Majapahit dalam masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk, raja agung di tanah Jawa dan juga Nusantara. Ia bertakhta dari tahun 1350 sampai 1389 Masehi, pada masa puncak kerajaan Majapahit, salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Nusantara. Sebagian besar isi menceritakan perjalanan sang raja ke daerah Lumajang, Blambangan, dan Singosari dan menceritakan perjalanan sang raja ke daerah Lumajang, Blambangan, dan Singosari.

Jawabanmu

2014-05-09T12:25:26+07:00
Dari uraian kitab Negarakertagama inilah kita dapat mengetahui seluk beluk kerajaan Majapahit dari sisi sosial-ekonomi, sosial-budaya, politik-luar negeri dan lain-lain secara lebih mendalam
2014-05-09T17:40:24+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.      Dalam pupuh I Prapanca memuji keagungan raja Sri Rajasanagara,
2.      Pupuh II sampai VI mengisahkan hubungan kekerabatan baginda.
3.      Pupuh VII mulai dengan pujian muluk terhadap baginda Sri Rajasanagara.
4.      Pupuh VIII sampai XII menguraikan seluk-beluk istana Majapahit
5.      Pupuh XIII - XIV menyinggung luasnya wiayah kerajaan Majapahit di Jawa dan di nusantara yakni pulau di luar jawa.
6.     
Pupuh XVII - LX menguraikan perjalanan keliling rombongan Dyah Hayam Wuruk dari Majapahit ke Lumyang,