Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-09T10:18:36+07:00
1. VOC menguasai monopoli perdagangan di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. 2. Makasar harus melepas seluruh daerah bawahannya, seperti Sopeng, Luwu, Wajo, dan Bone.
3. Aru Palaka dikukuhkan sebagai Raja Bone.
4. Makasar harus menyerahkan seluruh benteng-bentengnya.
5. Makasar harus membayar biaya perang dalam bentuk hasil bumi kepada VOC setiap tahun.  

Perjanjian tersebut sangat merugikan rakyat Indonesia, terlebih di Makasar dan politik adu domba Belanda terhadap Sultan Hasanudin dan Aru Palaka telah menghancurkan persatuan rakyat di Makasar.


2014-05-09T10:22:02+07:00
isi perjanjian bongaya :
1. VOC menguasai monopoli perdagangan
2. Makssar harus melepas seluruh daerah bawahannya
3. Aru palaka dikukuhkan sebagai raja bone
4. Makassar harus menyerahan seluruh benteng-bentengnya
5. makassar harus membayar biaya perang dalam bentuk hasil bumi kepada VOC