bagaimana penerapan ilmu fiqih dalam sosial. yang terkadang berbenturan dengan adat

2
Adat yang berbenturan dengan agama tentunya menajadi suatu penghalang bagi umat beragama, Khususnya islam, Hukum dan ajaran agama adalah peraturan tertinggi yang hukumnya mutlak, Jadi, Adat yg bertabralan dengan agama lebih baik di tinggalkan saja, Karna hukum di Agama adalah norma tertinggi bagi suatu individu:)

Jawabanmu

2014-05-09T01:11:03+07:00
Tetap menerapkan ilmu fiqih tanpa menghilangkan adat setempat, karena jga adat sdah melekat di masyarakat tsb
lalu bagaimana pandangan anda dengan kaum wahabi
jawaban saya atas dasar sunan kalijaga, kalu kaum wahabi memang berbeda
terus pandangan anda mengenai wahabi gimana? mereka kan tidak menyukai adat istiadat yang di gandengkan dengan ajaran agama?
2014-05-09T01:16:37+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Adat istiadat yang secara mutlak memang bertabrakan langsung dengan Islam, meninggalkannya merupakan hal yang mutlak kewajibannya.

namun jika masih dibilang ringan, kamu dapat mengurangi hal2 yang sekiranya bertentangan dg Islam. sehingga masih dapat melakukan adat tersebut

kalo saya, yg jelas dari hati saja
terus bagaimana pandangan anda dengan adat yang menerut golongan nahdliyin itu baik. seperti tahlilan, peringatan Haul. dan lain sebagainya
kalo tahlilan dll, menurut saya tergantung niat saja.