di lingkungan masyarakat di indonesia terutama di pedesaan masih sering ada kegiatan kenduri/selamatan untuk suatu kegiatan,peristiwa/peringatan kejadian tertentu yg disertai dengan doa doa secara islam.sementara kalau diliat asal usulnya diajaran islam tidak ada,mengapa dan bagaimana?bagaimana pendapatnya???tolong dijawab

2

Jawabanmu

2014-05-08T22:48:07+07:00
Pendapatku, hal itu sah-sah saja sepanjang di dalam kenduri/selamatan tsb tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang oleh agama islam
Bukankah kenduri atau selamatan itu diniatkan untuk bersyukur atas halhal yang didapatkan. Coba pandang hal ini dgn positif, dengan adanya kenduri maka akan menjalin tali silahturahmi antar tetangga bukan?
jadi menjadi suatu kebiasaan masyarakat??
Menurutku islam itu mencoba mengajarkan dan menanamkan nilainilai islam dalam kegiatan kenduri/selamatan itu misalnya dgn pembacaan doa dahulu dsb, so kenduri/selamatan kan memang dari dahulu sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jawa. Islam mencoba berbaur gitu sih menurutku
thanks
urwel
2014-05-08T22:49:51+07:00
Begini, sebelum islam masuk ke Indonesia, masyarakat Indonesia itu sendiri sudah mengenal ajaran animisme dan dinamisme. Agama Hindu-Buddha juga pernah masuk ke Indonesia jauh sebelum Islam masuk ke Indonesia.
Nah, bagi kaum penyebar agama Islam, agar dapat menyebarkan ajaran Islam dengan mudah, maka mereka menyesuaikan kegiatan yang ada di masyarakat dengan cara menyebarkan Islam. Maksudnya, mereka berbaur dengan masyaraka pribumi, lalu mengamati kegiatan mereka. Setelah itu, mereka menyesuaikan cara menyampaikan ajaran Islam dengan kegiatan penduduk, seperti halnya Sunan Kalijaga yang menyebarkan Islam dengan cara memainkan wayang.
3 4 3
sama". :)
tapi kok itu penyebaran agama islam??kan yg ditanya bukan itu
Lah makanya itu, karena kan kendurenan itu doa doanya islam, tapi secara ritual bukan islam kan? Coba dicek lagi, jawabanku berhubungan kok. Jawabanku itu semacam asal mulanya gitu.
Karena Indonesia dulu sempat menganut animisme-dinamisme, mungkin cara/ritualnya disesuakan dengan itu oleh orang-orang penyebar agama islam, tapi doa-doanya, tetap menggunakan doa-doa yang ada di ajaran agama islam. :)
hhhmm....iya iya