Jawabanmu

2014-05-08T21:45:42+07:00
Jaringan ikat dalam tubuh adalah:
-          menghubungkan satu jaringan dengan jaringan yang lain
-          mengikat/ melekatkan berbagai organ
-          mengisi tubuh
-          menyokong/ memperkuat tubuh
 
maaf kalau salah :) semoga membantu 
1 3 1
Jawaban paling cerdas!
2014-05-08T21:48:16+07:00
Tersusun atas substansi dasar, sel-sel pokok dan bahan-bahan ekstraseluler. Substansi dasar beserta bahan ekstraseluler disebut matriks. Adapun peran jaringan ikat dalam tubuh adalah: -          menghubungkan satu jaringan dengan jaringan yang lain -          mengikat/ melekatkan berbagai organ -          mengisi tubuh -          menyokong/ memperkuat tubuh Bentuk jaringan ikat sangat beragam sesuai dengan sifat komponennya. Berdasarkan susunannya, jaringan ikat dibedakan menjadi: Jaringan ikat longgar Sel-sel pokoknya jarang, matriks tersusun dari serabut kolagen, estin dan retikuler ( utama ). Terdapat pada penghubung kulit dengan struktur di bawahnya dan berbagai organ yang lain. Jaringan Ikat Padat Sel pokok hampir sama dengan jaringan ikat longgar, tetapi matriksnya rapat terdiri dari serabut kolagen dan elastin yang liat dan kuat. Contohnya ligamen dan tendon. Jaringan lemak Tersusun atas sel-sel lemak. Terdapat pada bagian dermis kulit, jaringan yang membatasi organ dalam, mesenterium/ penggantung usus, mesovarium ( penggantung ovarium ). Berperan sebagai penyimpan cadangan makanan. Jaringan penyokong Peran pokoknya untuk menyokong jaringan yang lain. Matriks mengalami perkembangan lebih lanjut, sehingga strukturnya lebih kuat dan mengalami spesialisasi peran sebagai penguat. Jaringan ini dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain: Jaringan tulang rawan/ kartilago Tersusun oleh sel tulang rawan / kondrosit. Pada anak-anak, kartilago dibentuk dari mesenkim/ jaringan ikat embrional, sedangkan pada orang dewasa, kartilago dibentuk dari selaput tulang rawan ( perikondrium ).Berdasarkan matriks penyusunnya, kartilago dibedakan menjadi: -              kartilago hialin Matriks putih kebiruan, transparan. Dijumpai pada rangka embrio, ujung tulang pipa, saluran pernapasan dan ujung tulang iga. -              kartilago elastin Matriks agak keruh, mengandung serabut elastin kuning ( kolagen ) yang tersusun seperti jala. Terdapat pada daun telinga, saluran telinga luar. -              Kartilago fibrosa                         Matriks gelap, serabut kolagen tersusun sejajar dan membentuk berkas. Terdapat pada simfisis pubis ( persambungan tulang kemaluan ), antar ruas-ruas tulang belakang.

1 5 1