Jawabanmu

2014-05-08T19:31:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
  1 Umkar pergi ke pasar, Ririn pergi ke sawah sedangkan Sirob pergi ke sekolah.
  2 Danis anak yang rajin, tetapi adiknya pemalas 
  3 Aku sedang belajar, ketika ayahku pulang
  4 Danis sengaja tidur siang agar dia bisa bangun pagi buat belajar
  5 Aku sedang sedih, sebab orang yang aku cintai tidak mencintaiku 
  6 Dari pada bermain, lebih baik aku belajar                                       
Jawaban paling cerdas!
2014-05-08T19:43:16+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kalimat majemuk adalah kalimat yang mempunyai dua pola kalimat atau lebih.
cth  :
1. Kalimat majemuk setara
=-Juminten pergi ke pasar. (kalimat tunggal 1)
  -Ragil berangkat ke bengkel. (kalimat tunggal 2)
Juminten pergi ke pasar sedangkan Ragil berangkat ke bengkel. (kalimat majemuk)
Ragil berangkat ke bengkel sedangkan Juminten pergi ke pasar. (kalimat majemuk)

2.Kalimat majemuk rapatan
=-Pekerjaannya hanya makan. (kalimat tunggal 1)
  -Pekerjaannya hanya tidur. (kalimat tunggal 2)
Pekerjaannya hanya makan, tidur, dan merokok. (kalimat majemuk rapatan)

3.Kalimat majemuk bertingkat
=-Kemarin ayah mencuci motor. (induk kalimat)
  -Ketika matahari berada di ufuk timur. (anak kalimat sebagai pengganti keterangan waktu)
Ketika matahari berada di ufuk timur, ayah mencuci motor. (kalimat majemuk bertingkat cara 1)
Ayah mencuci motor ketika matahari berada di ufuk timur. (kalimat majemuk bertingkat cara 2)

4.Kalimat majemuk campuran
=-Toni bermain dengan Kevin. (kalimat tunggal 1)
  -Rina membaca buku di kamar kemarin. (kalimat tunggal 2, induk kalimat)
  -Ketika aku datang ke rumahnya. (anak kalimat sebagai pengganti keterangan waktu)
Toni bermain dengan Kevin, dan Rina membaca buku di kamar, ketika aku datang ke rumahnya. (kalimat majemuk campuran)











1 5 1