Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2013-12-08T12:18:16+07:00
Secara singkat :
Reseptor -> Medula Spinalis -> Otak -> Medula Spinalis -> efektor.

Impuls dapat melalui medula spinalis maupun langsung ke otak. Tergantung bagian tubuh mana yang menerima rangsang. (Lihat gambar yang tadi saya berikan di awal)

Lain halnya dengan gerak refleks, secara singkat jalannya impuls sebagai berikut : 
Reseptor -> Medula Spinalis ->  efektor

atau Reseptor -> medula oblongata ->  efektor. Sekali lagi tergantung letak organ yang menerima rangsang. 

Lihatlah, jauh lebih singkat bukan? Gerakan yang dilakukan akan disampaikan langsung menuju motor tanpa diproses lebih dulu oleh otak.
1 5 1
2013-12-08T12:21:12+07:00
Jalannya refleks disebut lengkung refleks
skema perjalanan impuls sehingga menghasilkan gerak refleks:
rangsangan>reseptor>saraf sensorik>sumsum tulang belakang> saraf motorik> efektor> respons