Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-08T14:06:39+07:00
Masuk Ms. Excel dan buat 3 buah sheet dengan masing masing nama sheet "Utama, Main, Stock, dan Laba". Untuk sheet utama jangan diisi data apapun namun beri warna background agar lebih menarik.

Pada sheet Main, buat tabel transaksi seperti terlihat pada gambar berikut

Pada cells F7 ketikan =IF(C7="","",VLOOKUP(C7,stock!$B$4:$C$23,2,FALSE))
pada cell G7 ketikan =IF(D7="","",VLOOKUP(C7,stock!$B$4:$F$24,3,FALSE))
pada cells H7 ketikkan =IF(E7="","",VLOOKUP(C7,stock!$B$4:$E$23,4,FALSE))
pada cells I7 ketikkan =IF(D7="","",G7*D7+H7*E7)
pada cells J7 ketikan =IF( E7="","",IF(K7-D7-E7*L7<0,"stock kurang","ada"))
pada cells I20 ketikkan =IF(I7="","",SUM(I7:I19)) dan
pada cell I22 ketikkan =IF(I20="","",I21-I20)

Pada sheets Stock buat database barang seperti berikut
Pada sheet Laba buat tabel seperti pada gambar berikut

Setelah tabel laba terbuat ketikan rumus di cell C3 berikut=IF(main!C7="","",VLOOKUP(main!C7,stock!$B$4:$H$23,7,FALSE)) dan di cells D3 ketikan =IF(main!I7="","",(main!I7-((main!D7)+(main!E7*main!L7))*C3))

Agar program aplikasi kasir lebih menarik Anda harus sedikit membuat macro VBA untuk membuat tombol pada sheet Main. Buat tombol Barang, Laba, dan Hapus Data dan buat macro copykan script berikut :

Sub DeleteStuff()
Dim c As Range
For Each c In Range("C7:E19")
If Not IsNumeric(c) Then c.ClearContents
Next c
End Sub

Sub barang()
Sheets("stock").Select
End Sub
Sub laba()
Sheets("laba").Select
End Sub
Sub Auto_Open()
UserForm1.Show
End Sub

langkah berikutnya Anda harus membuat menu agar ketika membuka file aplikasi kasir ini tampilan pertama yang muncul adalah menu utama dengan cara klik menu developer kemudian view code dan buat form seperti biasa, tampilannya kira-kira seperti berikut

Buat script VBA seperti berikut
Private Sub CommandButton1_Click()
Sheets("main").Select
Range("A1").Select
End Sub

Private Sub CommandButton2_Click()
Sheets("stock").Select
Range("A1").Select
End Sub

Private Sub CommandButton3_Click()
Sheets("laba").Select
Range("A1").Select
End Sub

Private Sub CommandButton4_Click()
Me.Hide
End Sub

Langkah terkhir coba Anda isikan data penjualan transaksi
1 5 1
2014-05-08T14:06:48+07:00
Maksudnya?? kalau buat aplikasi ga bisa bisanya beli mungkin seharga 700.000 untuk 3 PC.. 
1 2 1