1. Irsan membeli 500 liter minyak tanah. Minyak itu kemudian dijual secara eceran dengan harga 11.500/liter. keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan seluruh minyak itu adalah 200.000. Berapa rupiahkah yang harus dikeluarkan Irsan untuk membeli minyak tanah tersebut?

2.Seorang pedagang membeli 300 ekor ayam dari peternak dengan harga rata-rata 6.000 kemudian dijualnya dipasar. Hari pertama ia menjual 180 ekor ayam dengan harga 10.000/ekor. ternyata pada hari kedua 100 ekor ayam mati karena flu brung dan sisanya berhasil dijual dengan harga 9.000/ekor. Untung atau rugikah pedangan tersebut? Berapakah persentase keuntungan atau kerugiannya?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-08T12:16:24+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.
Pembelian = 500 liter
H.Jual / liter = Rp 11.500,-/liter
Keuntungan = Rp 200.000,-
H. Beli = Rp 11.500 × 500
           = Rp 5.750.000 - Rp 200.000
           = Rp 5.550.000

Jadi harga beli minyak seluruhnya adalah Rp 5.550.000

2.
harga beli = 6000 x 300 = 1.800.000
harga jual = penjualan1 Rp 10.000 x 180
               = 1.800.000
penjualan Rp 9000 x 20  = 180.000
harga jual seluruhnya = 1.980.000 
a. penjual tersebut untung karena harga jualnya lebih banyak daripada harga beli,
b. presentase keuntungan = untung : harga beli x 100%
                                      = 180.000 : 1.800.000 x 100%
                                      = 10 %

3 5 3
2014-05-08T12:21:17+07:00
1) 11.500 x 500 = 5.750.000 -200.000 = 5.550.000
2) harga beli = 6.000x300 = 1.800.000
dijual = 180x10.000 = 1.800.000
sisa ayam = 300-180-100=20
20x9000 = 180.000
hasil penjualan= 1.800.000+180.000 = 1.980.000
 untung= 1.980.000-1.800.000=180.000
persentase untung= 180.000/1.800.000x100% = 10%