Jangan lupa... Gunakan cara!

1. Sebuah keluarga mempunyai lima orang anak. Anak termuda berumur P tahun dan yang tertua 2P tahun. Tiga anak yang lain berturut-turut P+2, P+4, dan 2P-3. Bila rata-rata hitung umur mereka adalah 16 tahun, tentukan umur anak termuda!

2. Nilai rata-rata ulangan IPA dari 42 siswa adalah 7. Jika ditambah 4 siswa lagi yang rata-ratanya 6, tentukan nilai rata-rata keseluruhannya!

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-08T11:23:36+07:00
1. (P+(P+2)+(P+4)+(2P-3)+2P) / 5 = 16
7P+3=5x16
7P=80-3
P=77/7=11 tahun = umur anak termuda

2.=(42x7+4x6) / 42+4
=(294+24)/46
=318/46
=6,9

maaf kalau ada kesalahan
1 5 1
2014-05-08T11:40:39+07:00
2. 42siswa x 7 = 294
    4siswa x 6 =   24 +                     
  46siswa          318

nilai rata-rata keseluruhanya = 318/46siswa
                                         = 6.9