40 poin
Pilihan ganda
(Jawab dan sertakan cara mengerjakannya!)

1. jika harga pebelian X, harga penjual Y, untung z, dan rugi dinyatakan P, maka hubungan yang benar adalah...

a. X = Y+Z c. P = Y+Z
b. Y = X+P d. Z = Y - Z

2. Seorang pedagang mendapat untung Rp 12.000,- atau 25% dari harga pembelian, maka harga penjualan barang itu adalah....

a. Rp 24.000 c. Rp 48.000
b. Rp 36.000 d. Rp 60.000

3. Dua jenis kopi harganya berturut-turut Rp 13.000 dan Rp 12.000 . Setiap kg kedua kopi dicampur dengan perbandiangan 3 : 2 campuran kopi dijual dengan keuntungan 20% Maka harga kopi campuran setiap kilogram adalah..

a. Rp 15.200 c. Rp 14.800
b. Rp 15.120 d. Rp 14.880


Mohon dibantu yah, soalnya guru saya asal kasih soal trus belum diajarin materinya -_-

2

Jawabanmu

2014-05-08T08:50:45+07:00
1. jika harga pebelian X, harga penjual Y, untung z, dan rugi dinyatakan P, maka hubungan yang benar adalah...
d.  Z = Y - Z
2. Seorang pedagang mendapat untung Rp 12.000,- atau 25% dari harga pembelian, maka harga penjualan barang itu adalah....
c.  Rp 48.000
3. Dua jenis kopi harganya berturut-turut Rp 13.000 dan Rp 12.000 . Setiap kg kedua kopi dicampur dengan perbandiangan 3 : 2 campuran kopi dijual dengan keuntungan 20% Maka harga kopi campuran setiap kilogram adalah..
b. Rp 15.120 

Jawaban paling cerdas!
2014-05-08T08:51:42+07:00
1) A
2) Untung 25% atau  \frac{1}{4} dari harga asli
    Jdi harga penjualan Harga asli + untung
    Harga asli = 4* untung
                   = 4* 12.000
                   = Rp 48.000
    Harga penjualan = Rp 48.000 + 12.000
                            = Rp 60.000

3) Jawabanya A