Jawabanmu

2014-05-08T09:18:25+07:00
1. tari tanggai adalah tarian yang dibawakan untuk menyambut tamu resmi atau dalam acara pernikahan. tarian ini di tarikan oleh 5 orang penari dengan menggunakan pakaian khas seperti kain songket,dodot,pending,kalung,sanggul malang,kembang urat atau rampai,tajuk cempako,kembang goyang,dan tanggai yang berbentuk seperti kuku dan terbuat dari lempengan tembaga.
2.tari rodat cempako tarian ini berasal dari sumatera selatan, tarian ini sangat bernafaskan islam. gerak dasar tarian ini diambil dari timur tengah. tari rodat cempako sangat dinamis dan lincah.
3.tari mejeng besuko merupakan salah satu tarian khas untuk pemuda dan pemudi sumatera selatan. tari ini menggambarkan kesukariaan remaja dalam suatu pertemuan. mereka bersenda gurau, mengambil hati lawan jenisnya dan tak jarang dari mereka yang jatuh hati dan menemukan jodonya melalui pertemuan seperti ini 
2 3 2
2014-05-08T10:25:02+07:00
Seni Tari Sumatera Barat Seni tari tradisional yang berasal dari Sumatera Barat biasanya berasal dari adat budaya suku Minangkabau serta etnis Mentawai. Seni tari dari Minangkabau umumnya sangat dipengaruhi oleh agama Islam. Terdapat beberapa tarian daerah seperti Tari Pasambahan, Tari Piring, Tari Payung dan Tari Indang.


Bahasa yang digunakan dalam keseharian ialah bahasa daerah yaitu Bahasa Minangkabau yang memiliki beberapa dialek, seperti dialek Bukittinggi, dialekPariaman, dialek Pesisir Selatan, dan dialek Payakumbuh. Di daerah Pasaman dan Pasaman Barat yang berbatasan dengan Sumatera Utara, dituturkan juga Bahasa Batak dan Bahasa Melayu dialek Mandailing. Sementara itu di daerah kepulauan Mentawai digunakanBahasa Mentawaisuntin

(maaf klo jawabannya sedikit dan salah. maklum baru pemula. sy tidak copas)
1 4 1