Suhu es sedang melebur yang diukur dengan termometer X adalah 5°X. Sedangkan suhu air mendidih adalah 125°X. Jika suhu suatu benda 35°X, suhu benda tersebut dalam skala Reamur adalah....
a. 10°R
b. 20°R
c. 25°R
d. 30°R

2

Jawabanmu

2014-05-07T18:23:43+07:00
Pake rumus ini :
X-x0/Xt-X0=Y-y0/Yt-Y0
X untuk apa? Y untuk apa? :)
X untuk termometer yang tadi, kalo Ynya buat Reamur. suhu terendah sama suhu maksimalnya (80 R)
itu soal dari fokus erlangga ???
iya
Jawaban paling cerdas!
2014-05-07T18:30:55+07:00
T°X  : T°R
120  : 80
3 : 2

35°X =  \frac{2}{3} X (35-5)°R
        = 20°R

"dapat 120 dari 125-5
"dapat 80 dari titik didih reamur

:D :) :D :) :D :)
makasih kak :)
banyak caranya kok, terserah kita mau pilih yang mana aja rumusnya
:)