1. media apakah yg digunakan sunan kalijaga untuk menyampaikan dakwahnya?

2. sebutkan sumber dari dalam negeri tentang masuknya islam di indonesia!

3. bagaimana peranan ulama dan pedagang dalam menyebarkan agama islam di indonesia4.
4. jelaskan keunikan menara masjid kudus dan masjid banten

2

Jawabanmu

2014-05-07T13:17:34+07:00
3. Pedagang berasal dari arab. mereka berdagang sambil menyebarkan agama islam
Jawaban paling cerdas!
2014-05-07T13:29:13+07:00
1. dengan media wayang
2. - batu nisan Fatimah binti Maimun (1028) sezaman dg masa kerajaan kediri yg bertuliskan Arab di Leran (gresik). Peninggalan batu nisan ini menjadi bukti bahwa agama islam sudah masuk ke daerah jawa timur.
- makam sultan malik as-saleh (1297) di sumatra. berdasarkan peninggalan ini dpt disimpulkan bahwa untuk pertama kalinya muncul seorang raja beragama islam dg gelar "sultan"
- makam syekh maulana malik ibrahim (1419) di gresik. jirat makam ini didatangkan dari gujarat & berisi tulisan-tulisan arab
3.  peranan pedagang : mulai memperkenalkan islam melalui sejumlah bandar penting yg berawal dari pesisir lalu ke pedalaman.
peranan ulama : menyebarkan agama islam dg berdakwah di tempat-tempat umum & lingkungan istana serta mendirikan pondok pesantren sebagai pusat pendidikan agama islam.
4. - bentuk menara masjid kudus merupakan sebuah candi langgam jawa timur yg diubah & disesuaikan penggunaannya dg diberi atap tumpang.
- pada masjid banten, menara tambahannya dibuat menyerupai mercusuar.
2 3 2