Tolong jawab dan berikan caranya
Pada kegiatan Rally, sebuah mobil akan sampai di garis finish dalam waktu 4,5 jam dengan kecepatan rata rata 63 km/jam. setelah 2 jam berjalan ban mobil biru pecah sehingga terpaksa berhenti mengganti ban 15 menit. Berapa kecepatan mobil biru di naikan agar tetap sampai finish tepat waktu?

2

Jawabanmu

2014-01-24T12:08:42+07:00
4,5 jam ⇒63 km/jam
2,5 jam ⇒63 km/jam
2,25jam⇒ x
2,5 per 2,25 = x per 63
250 per 225(sdrhanakan mnjadi 10 per 9)
10 per 9 = x per 63
9x=630
x =630 : 9
x = 70
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-01-24T12:13:28+07:00
Jarak tempat = 4,5 jam * 63 km / jam = 283,5 km
Perjalanan 2 jam , jaraknya = 2 jam * 63 km/jam = 126 km
Berhenti selama 15 menit, total waktu yang sudah ditempuh = 2 jam + 15 menit = 2,25 jam
Jarak tempat yang belum di lalui = 283,5 km - 126 km = 157,5 km
Kecepatan agar tepat waktu = 157,5 km / 2,25 jam = 70 km/jam
1 5 1