Jawabanmu

2014-05-07T05:00:14+07:00
Hukum Boyle menyatakan bahwa volume suatu gas berbanding terbalik dengan tekananyang diterapkan kepadanya ketika suhu konstan. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut =>p*V=konstan.Kemudian, berkembanglah sebuah teori bernama hukum Charles yang menyatakan bahwa volume gas berbanding lurus dengan suhu mutlak jika tekanannya konstan =>V/T=Konstan.Percobaan tentang gas kemudian dilanjutkan, yang mana kemudian menghasilkan hukumGay-Lussac, yang menyatakan bahwa tekanan suatu gas berbanding lurus dengan suhumutlak => p/T=Konstan.Dari ketiga rumus itu, terbentuklah hukum Boyle Gay-Lussac =>(p*V)/T=Konstan.Dalam rumus ini, p (tekanan) dinyatakan dalam satuan Pa, V (volume) dinyatakan dalamsatuan m3, sedangkan suhu (T) dinyatakan dalam Kelvin (K)
smoga bermanfaat :)
2014-05-07T05:00:35+07:00
"Jika volume gas diperkecil maka tekanan gas tersebut membesar asalkan suhunya tetap, atau Jika volume gas diperbesar maka tekanan mengecil". (boyle-gaylussac)


Hukum Charles atau hukum gay lussac..
Hukum Charles juga kadang-kadang disebut Hukum Gay-Lussac atau Hukum Charles Gay-Lussac, karena Gay-Lussac lah yang pertama kali mempublikasikan penemuan ini pada 1802. Jacques Charles telah menemukannya lebih dahulu pada 1787, namun tidak mempublikasikannya. Belakangan hukum ini lebih sering disebut hukum Charles karena kemudian Gay-Lussac menemukan hukum-hukum lain yang dinamakan sesuai namanya.....
Hukum ini dan yang lebih umum PV = n RT dipakai perancangan awal siklus mesin atau pesawat pendingin.