Sendok logam masanya 80 gram dipanaskan hingga 120⁰C kemudian dimasukkan ke dalam bejana berisi 100 gram air yang suhunya 25⁰C jika suatu campuran 55⁰C dan kalor jenis air 4200 j/kg⁰c . berapa kalor jenis logam tersebut?

2

Jawabanmu

2014-05-06T22:46:49+07:00
Diketahui : massa logam m1 = 80 gram =0,08 kg
massa air m2= 100 gram=0,1 kg
T1 = 120C
T2 = 25C
Tc = 55C
c air = 4200 j/kg'c

ditanya: kalor jenis logam c1?
jawab :
m1 c1 (T1-Tc) = m2 c air (Tc-T2)
0,08 × c1 (120-55) = 0,1 × 4200 (55-25)
5,2 c1 = 10500
c1 = 2019,23
Jawaban paling cerdas!
2014-05-06T23:18:20+07:00
Qlepas=Qterima
m1xc1x(T1-T)=m2xc2x(T-T2)
0,08xcx(120-55)=0,1x4.200x(55-25)
0,08xcx65=0,1x4.200x30
5,2c=12.600
2423/kg°C=c
1 5 1