fisika:perubahan yang tidak menghasilkan zat baru
kimia:perubahan yang dapat menghasilkan zat baru
PERUBAHAN FISIKA
Perubahan fisika adalah perubahan pada zat yang tidak menghasilkan zat jenis baru. Contohnya beras yang ditumbuk menjadi tepung. Beras yang ditumbuk menjadi tepung, hanya menunjukkan bentuk dan ukuran yang berubah, tetapi sifat molekul zat pada beras dan tepung tetap sama.
PERUBAHAN KIMIA
Perubahan kimia adalah perubahan pada zat yang menghasilkan zat jenis baru. Misalnya pada saat membakar kertas.
kalau perubahan fisika, tidak menghasilkan zat baru, dan dapat dikembalikan menjadi wujud yang sebelumnya. tetapi, kalau perubahan kimia, akan menghasilkan zat baru dan wujudnya tidak dapat dikembalikan seperti semula.

Jawabanmu

2014-01-24T09:42:55+07:00
Sama sama ilmu pengetahuan alam..
bedannya fisika cenderung ke benda benda alam
dan kimia cenderung kr zat zat cair
-Perubahan Fisika adalah perubahan zat yang bersifat sementara, seperti perubahan wujud, bentuk atau ukuran. Perubahan ini tidak menghasilkan zat baru.contoh :
Jika kita memanaskan es, maka es tersebut akan berubah menjadi air, selanjutnya jika kita panaskan terus maka air akan berubah menjadi uap air.
dan Perubahan kimia merupakan yang bersifat kekal dengan menghasilkan zat baru. Perubahan kimia disebut juga reaksi kimia. contoh :
Batang kayu yg dibakar, Batang kayu tersebut berubah menjadi abu, asap dan disertai keluarnya panas. Abu, asap dan panas yang keluar tidak berubah kembali menjadi batang kayu.
2014-01-24T09:43:04+07:00
Menurut saya :
-perubahan fisika adalah perubahan yang terjadi pada benda tetapi masi tetap pada zat yang sama,misalnya kayu yang di tebang setelah di olah tetap menjadi kaya walaupun telah berubah menjadi meubel

-perubahan kimia adalah perubahan yang terjadi pada benda dan telah merubah zat ataupun partikel fisik benda ,misalnya pembakaran kertas yang berubah menjadi abu :)