Jawabanmu

2014-05-06T21:01:18+07:00
Kepercayaan bangsa Mesir kuno bercorak polytheisme. Dari masa ke masa corak polytheisme ini berbeda. Semasa Kerajaan Mesir Tua, dewa utama adalah Osiris. la didampingi dewa-dewi lain, seperti Isis (isteri Osiris, dewi kesuburan), Re (dewa matahari), Amon (dewa bulan), dan Anubis (dewa kematian). Semasa Kerajaan Mesir Baru, muncul kecenderungan pemujaan bulan dan matahari sebagai dwimurti. Dewa Amon pun disejajarkan dengan Dewa Re. Maka, Dewa Amon-Re menjadi dewa yang utama.
Kepercayaan Mesir sempat bercorak monotheisme semasa pemerintahan Amenhotep IV. Satu-satunya dewa adalah Dewa Anton. Dewa yang digambarkan berupa bulatan matahari ini disembah oleh seluruh umat manusia, bukan hanya bangsa Mesir. Sang firaun pun menghapuskan anggapan selama ini bahwa firaun adalah turunan dewa. Baginya, firaun adalah manusia biasa. Sayangnya, upaya firaun ini ditentang oleh para pendeta. Setelah ia wafat, corak kepercayaan Mesir kembali polytheis seperti semula.
2014-05-06T21:03:07+07:00
Masyarakat mesir kuno memiliki kepercayaan terhadap banyak dewa / polyteisme. dewa dewa yang terkenal seperti dewa ra, isis,horus,dll.

maaf kalo ada kesalahan