Perhatikan reaksi pembakaran gas amonia berikut.
NH3 + O2 --> NO + H2O
Jika 5 liter gas amonia dibakar, tentukan volume gas oksigen yang diperlukan. Tentukan juga volume gas nitrogen oksida dan uap air yang dihasilkan. Semua gas diukur pada tekanan dan suhu yang sama.

2

Jawabanmu

2014-05-06T20:08:39+07:00
V oksigen 12.5 liter. v nitrogen oksida 5 liter. v h2o 7.5 liter
persamaan reaksinya perlu di setarain lagi ga?
Jawaban paling cerdas!
2014-05-06T20:18:18+07:00
4  NH_{3} + 5 O_{2}  => 4 NO + 6  H_{2} O

 NH_{3} = 5 L

O_{2} =   \frac{5}{4}  . 5
 \frac{25}{4}
= 6,25 L

V NO =  \frac{4}{4}  . 5
= 5 L

 H_{2} O =  \frac{3}{2}  .5
=  \frac{15}{2} 
= 7,5 L
2 3 2