Perhatikan reaksi pembakaran gas amonia berikut.
NH3 + O2 --> NO + H2O
Jika 5 liter gas amonia dibakar, tentukan volume gas oksigen yang diperlukan. Tentukan juga volume gas nitrogen oksida dan uap air yang dihasilkan. Semua gas diukur pada tekanan dan suhu yang sama.

2

Jawabanmu

2014-05-06T20:14:52+07:00
Itu perlu disetarain karena itu gak setara jadinya
2NH3 + 2O2 --> 2NO + 3H2O
msih blum setara, unsur O d sbleh kiri 4 sdgkan d sbelah kana ada 5
msih blum setara, unsur O d sbleh kiri 4 sdgkan d sbelah kanan ada 5
Jawaban paling cerdas!
2014-05-06T20:44:57+07:00
Pertama tama persamaan di setarakan 4NH3 + 5O2 ---> 4NO + 6H2O
Perbandingan volume = perbandingan koefisien
-         
Volume O2 = koef O2/koef NH3 x volume NH3
                    
                             = 5/4 x 5
                    
                             = 6,25 liter

-         
Volume NO = koef NO/koef NH3 x volume NH3
                    
                            = 4/4 x 5
                     
                             = 5 liter

-         
Volume H2O = koef H2O/koef NH3 x volume NH3
                       
                               = 6/4 x 5
                       
                               = 7,5 liter

*semoga membantu, plih yg terbaik yaa ;)
#CMIIW


4 2 4