Jawabanmu

2014-05-06T17:50:44+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Isomer adalah senyawa kimia yang memiliki rumus molekul yang sama – yang berarti bahwa mereka terdiri dari jumlah yang sama dari jenis atom yang sama – tetapi memiliki struktur atau pengaturan yang berbeda dalam ruang.

Misalnya, pentana adalah senyawa organik terdiri dari lima atom karbon dan 12 atom hidrogen. Dua isomer pentana termasuk pentana tidak bercabang, di mana karbon yang diatur dalam rantai linear, dan isopentana atau metilbutana, di mana empat karbon yang diatur dalam rantai linear sedangkan cabang kelima lepas dari salah satu bagian atom karbon. Kedua hal ini memiliki rumus molekul yang sama, tetapi pengaturan aktual atom mereka yang berbeda. Isomer adalah penting karena senyawa dengan struktur yang berbeda, bahkan jika mereka mengandung atom yang sama, dapat memiliki sifat kimia yang berbeda secara drastis.

Contohnya aku kasih lewat file gambar ya :)
5 3 5
2014-05-06T19:01:13+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
PENGERTIAN ISOMER Dalam bahasa Yunani, Isomer berarti Iso = sama, Meros = bagian. Isomer adalah senyawa yang mempunyai rumus molekul sama, tetapi rumus strukturnya berbeda. . PEMBAGIAN ISOMER ISOMER STUKTUR GEOMETRI RANTAI POSISI FUNGSIONAL OPTIK CIS-TRANS . Isomer dibagi menjadi 2 yaitu : Isomer struktur adalah isomer karena perbedaan struktur. 2. Isomer geometri disebut juga isomer ruang yaitu isomer karena perbedaan konfigurasi.. ISOMER RANTAI Isomer rantai disebut juga isomer cabang atau isomer rangka. Disebut isomer rangka karena perbedaan ikatan rantai. Isomer rantai adalah suatu zat yang mempunyai rumus molekul sama, tetapi mempunyai rangka atom C (struktur atom C) berbeda. Senyawa yang mempunyai isomer rantai adalah golongan alkana. . Contoh isomer rantai : Senyawa C 4 H 10 terdapat dua isomer,yang satu rantai lurus (normal butana), lainnya rantai bercabang (2 metil propana). Makin banyak atom C makin banyak pula isomernya. 1. Butana, C 4 H 10 mempunyai isomer rangka CH 3 CH 2 CH 2 bentuk rangka C lurus : n-butana CH 3 CH CH 3 CH 3 2-metil propana bentuk rangka C bercabang : CH 3 . Pentana, C 5 H 12 mempunyai isomer rangka : CH 2 CH 3 CH 3 CH 2 CH 2 Bentuk rangka C : n-pentana CH 3 CH CH 2 CH 3 CH 3 Bentuk rangka C : 2-metil butana  ISOMER POSISI Isomer posisi adalah suatu senyawa yang mempunyai rumus molekul sama, gugus fungsi juga sama hanya posisi (letak) gugus fungsi berbeda. Isomer ini berlaku untuk senyawa yang mempunyai gugus fungsi seperti pada : . Senyawa propanol (C 3 H 7 OH) mempunyai rumus : CH 3 OH CH 2 OH CH 2 (posisi - OH di ujung) 1-propanol CH 2 CH CH 3 2-propanol (posisi – OH di tengah) . Senyawa butena ( C 4 H 8 ) mempunyai rumus : CH 2 CH 2 CH 3 CH 1-butena CH 3 CH CH CH 3 2-butena . Senyawa pentanon (C 5 H 10 O) mempunyai rumus : CH 3 C CH 2 CH 2 CH 2 CH 3 O 2-pentanon C CH 3 CH 3 CH 2 O 3-pentanon  ISOMER FUNGSIONAL Isomer fungsional adalah senyawa yang mempunyai rumus molekul sama tetapi gugus fungsinya berbeda. Contoh isomer fungsional misalnya : Golongan alkohol berisomer fungsional dengan eter. Golongan aldehid berisomer fungsional dengan keton.  Contoh : 1. Senyawa C 3 H 8 O dapat berupa senyawa : CH 3 OH CH 2 CH 3 CH 2 O CH 2 CH 3 (alkohol) 1-propanol (eter) etil metil eter . Senyawa C 4 H 8 O dapat berupa senyawa : CH 3 CH 2 CH 2 C O H (aldehid) C CH 3 CH 2 CH 3 O (keton) 2-butanon butanal . ISOMER GEOMETRI Isomer geometri berlaku untuk senyawa yang mempunyai rumus molekul sama, gugus fungsi sama, posisi gugus fungsi sama tetapi mempunya struktur geometri (struktur ruang) yang berbeda. Ada 2 jenis isomer geometri yaitu isomer cis-trans dan isomer optik.  ISOMER CIS-TRANS Ciri-ciri isomer geometri cis-trans untuk senyawa karbon adalah : Ada ikatan rangkap dua (senyawa alkena). Pada C rangkap harus mengikat 2 gugus lain yang berbeda
5 3 5