Jawabanmu

2014-05-06T16:45:54+07:00
Diam saja , tidak bergerak sedikit pun
1 5 1
2014-05-06T16:46:05+07:00
Semoga ini yang dimaksud 

ge·ming Jk, 
ber·ge·ming = tidak bergerak sedikit juga; diam saja; 
ter·ge·ming = terdiam 

Entah mengapa kini semakin banyak media salah menuliskan arti kata geming. “Tak bergeming” sering dimaksudkan sebagai ungkapan tak bergerak atau diam, padahal sebaliknya justru arti “tak bergeming” adalah tidak diam. Bisa anda lakukan pencarian di Google media mana saja yang salah menuliskan arti kata tak bergeming. 

Seorang editor penerbit menyatakan kebenarannya di sebuah milis bahasa perihal kata "bergeming". Pada mulanya, editor itu mengira "bergeming" bermakna "bergerak" dan "tak bergeming" bermakna "tak bergerak". Ketika si editor membuka kamus, kagetlah dia. Menurut kamus, bergeming berarti "tak bergerak; diam saja". Sementara itu, kata si editor, ada penulis yang bersikeras agar bentuk "tak bergeming" dibiarkan saja karena sudah lazim. Si editor kemudian bertanya, apakah salah kaprah semacam itu dibiarkan atau dikoreksi? 

Kata "bergeming" hanyalah salah satu dari sekian banyak salah kaprah yang sering terjadi. Ada salah kaprah lain dalam bahasa Indonesia: menyangkut kata, gabungan kata, klausa, dan kalimat. 

Good luck 
1 5 1