Jawabanmu

2014-05-06T15:39:31+07:00
Hubungan antara makluk hidup & komponen penyusunnya yaitu :
 Hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik:
1.   Komponen biotik memengaruhi komponen abiotik
.2.   Komponen abiotik memengaruhi komponen biotik.Hubungan saling  * ketergantungan antara komponen biotik dengan sesama komponen biotik:
1.   Saling ketergantungan intraspesies (makhluk hidup sejenis).
2.   Saling ketergantungan antarspesies (makhluk hidup tidak sejenis).Saling ketergantungan antarspesies yang berbeda jenis juga terjadi dalam peristiwa makan dan dimakan. Peristiwa makan dan dimakan menimbulkan perpindahan materi dan energi. Hal ini akan membentuk jaring-jaring kehidupan yang terdiri dari:
1.      Rantai MakananRantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan yang digambarkan secara skematis dalam bentuk garis lurus searah dan tidak bercabang. Misalnya rumput >> belalang >> ayam >> ular, maka terjadi perpindahan energi dari produsen >> konsumen I >> konsumen II >> konsumen III.
2.      Jaring-jaring MakananBeberapa rantai makanan dengan pola yang lebih rumit dari contoh rantai makanan di atas dan saling berkaitan membentuk sebuah  jaring-jaring makanan. Misalnya ular tidak hanya makan ayam dan ayam tidak hanya makan belalang. Jaring-jaring makanan selalu berawal dari produsen dan diakhiri oleh pengurai. Bahan-bahan yang diuraikan itu akan kembali digunakan oleh produsen sehingga daur materi dan energi tidak pernah terputus.
3.      Piramida MakananPiramida makanan adalah suatu piramida yang menggambarkan perbandingan komposisi jumlah biomassa dan energi dari produsen sampai konsumen puncak dalam suatu ekosistem. Komposisi biomassa terbesar terdapat pada produsen yang menempati dasar piramida. Demikian pula jumlah energi terbesar terdapat pada dasar piramida. Komposisi biomassa dan energi ini semakin ke atas semakin kecil karena selama proses perpindahan energi terjadi penyusutan jumlah energi pada setiap tingkat trofik.
2014-05-06T15:39:39+07:00
Mahluk hidup ikut berperan serta atau memiliki keterkaitan dalam proses penyusunan ekosistem. Jika tdk ada mahluk hidup maka tidk akan ada ekosistem
1 5 1