Setelah 9 bulan uang tabungan susi di koperasi berjumlah Rp 3185000.koperasi memberi jasa simpanan berupa bunga 12 persen per tahun.tabungan awal susi di koperasi adalah....



beserta caranya yach...

2
bro kenapa jawaban saya dihapus
Bunga 1 tahun = 12%
Setelah 9 bulan tabungan susi = Rp.3.815.000,00
Misalnya, tabungan awal = M dan bunga
1 tahun = α%

Bunga 1 tahun = α% x M

Bunga n bulan =n / 12 x α% x M

= 9% M = 0,09 M

Besar tabungan setelah 9 bulan
= Tabungan awal + Bunga 9 bulan
Rp.3.815.000,00 = M + 0,009 M
Rp.3.815.000,00 = 1,09 M
M = Rp 3.500.000,00

Jadi tabungan awal susi di koperasi adalah Rp 3.500.000,00
Oke.
Siip Correct :)

Jawabanmu

2014-05-06T13:49:53+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Bunga 1 tahun = 12%
Bunga 1 bulan berarti 12% / 12 bulan = 1%
Berarti bunga 9 bulan = 9%

3815000 itu kan tabunga awal + bunga 9 bulan, jadi 100% + 9% = 109%

jadi, 100/109 x 3815000 = 3500000
4 4 4
bagaimana caranaya pak ???
please pak saya lagi butuh
sudah saya edit
Siip Correct :)
makasih...
Jawaban paling cerdas!
2014-05-06T13:56:06+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
bunga 9 tahun = bunga setahun : 12 bulan × waktu
                          = 12% : 12 × 9 bulan
                          = 9%

tab, awal = tab. akhir : ( 100% + bunga dalam waktu )
                = Rp 3.815.000 : ( 100% + 9% )
                = Rp 3.815.000 : 109%
                = Rp 3.815.000 :  \frac{109}{100}
                = Rp 3.815.000 ×  \frac{100}{109}
                = Rp 3.500.000

Jadi, tabungan awal Susi adalah Rp 3.500.000


Tolong tandai sebagai jawaban terbaik ya ?
7 4 7
20 point aja ttp 3 soal yang berbebda
Kalau begitu, tidak ada yang mau jawab.
Emangnya 20 :
Emangnya 20 : 3 bisa
punyanya 27 point lagi