Jawabanmu

2014-05-06T13:38:12+07:00
Jenis tumbuhsn biji tertutup (Angiospermae) banyak dimanfaatkan manusia, terutama sebagai bahan pangan dan bangunan. Beberapa contoh manfaat tumbuhan Angiospermae bagi manusia adalah sebagai berikut :
a)   Sumber karbohidrat seperti padi (Oryza sativa), kentang (Solanum tuberosum), tebu (Saceharum offienarum), gula bit (Beta saccharifera), ketela pohon (Manihot utilissima), jagung (Zea mays), dan gandum (Triticum sativum).
b)  
Sumber protein seperti kacang hijau (Phaseolus radiates), dan kedelei (Glicine max).
c)    Sumber Lemakseperti wijen (Sesasum indicum), kelapa (Elais guinnesis), kelapa (Cocos ahcifera), dan kacang tanah (Arachis hypogaea).
d)  
Vitamin dan mineral seperti kacang buncis (Phaseolus vulgaris), tomat (Solanum lyccpersicum), kacang kapri (Pisum sativum), dan kubis (Brasica oleracea).

e)  
Bahan sandang seperti kapas (Gossypium sp.) dan rami (Boehmeria sp.).

f)     Bahan obat-obatan seperti kina (Cinchona sp.), kayu putih (Melaleuca leucadendron), dan jahe (Zingiber sp.).
g)   Bahan bangunan seperti jati (Tectona grandis), sono keeling (Dalbergia latifolia), mahoni (Swetwnia mahogany), meranti (Shorea sp.).



1 5 1
2014-05-06T13:43:56+07:00
Nama Angiospermae diambil dari penggabungan dua kata bahasa Yunani Kuno: αγγειον (aggeion, "penyangga" atau "pelindung") dan σπερμα (sperma, bentuk jamak untuk "biji") yang diperkenalkan oleh Paul Hermann pada tahun 1690. Dalam sebagian besar sistem taksonomi modern, kelompok ini sekarang menempati takson sebagai divisio. 

Sepuluh besar suku tumbuhan menurut banyaknya jenis adalah sebagai berikut: 

Asteraceae atau Compositae (suku kenikir-kenikiran): 23.600 jenis 
Orchidaceae (suku anggrek-anggrekan): 21.950 
Fabaceae atau Leguminosae (suku polong-polongan): 19.400 
Rubiaceae (suku kopi-kopian): 13.183 
Poaceae, Glumiflorae, atau Gramineae (suku rumput-rumputan): 10.035 
Lamiaceae atau Labiatae (suku nilam-nilaman): 7.173 
Euphorbiaceae (suku kastuba-kastubaan): 5.735 
Cyperaceae (suku teki-tekian): 4.350 
Malvaceae (suku kapas-kapasan): 4.225 
Araceae (suku talas-talasan): 4.025 

Orchidaceae, Poaceae, Cyperaceae dan Araceae adalah monokotil. 

Kesepuluh suku di atas mencakup beragam jenis tumbuhan penting dalam kehidupan manusia, baik dalam bidang pertanian, kehutanan maupun industri. Suku rumput-rumputan jelas merupakan suku terpenting karena menghasilkan berbagai sumber energi pangan bagi manusia dan ternak dari padi, gandum, jagung, jelai, haver, jewawut, tebu, serta sorgum. Suku polong-polongan menempati tempat terpenting kedua, sebagai sumber protein nabati dan sayuran utama dan berbagai peran budaya lain (kayu, pewarna, dan racun). Suku nilam-nilaman beranggotakan banyak tumbuhan penghasil minyak atsiri dan bahan obat-obatan.