Jawabanmu

2014-05-06T13:33:58+07:00
Kenampakan Alam dan Iklim         
   Letak geografis negara beriklim tropis itu bersebelahan dengan sejumlah negara anggota ASEAN. Wilayah bagian tengah Kamboja adalah sebuah basin atau cekungan yang dikelilingi oleh dataran yang luas. Wilayah Kamboja dialiri oleh Sungai Mekong yang merupakan sungai terpanjang di negara ini. Sebelah tenggara cekungan terdapat delta Sungai Mekong, sedangkan di sebelah utara dan barat daya cekungan terdapat beberapa rangkaian pegunungan. Di bagian timur Kamboja berupa dataran tinggi. Kenampakan geografis yang menarik di Kamboja ialah adanya dataran lacustrine yang terbentuk akibat banjir di Tonle Sap. Gunung tertinggi di Kamboja adalah Gunung Phnom Aoral yang berketinggian sekitar 1.813 mdpl.


PEMANFAATAN SUMBER ALAM KAMBOJA        
    Kamboja merupakan salah satu negara yang memiliki komoditas utama seperti pakaian, kayu, karet, beras, ikan, tembakau dan alas kaki. Kamboja memiliki hutan kayu yang paling berharga dan penghasil permata yang paling produktif di dunia (kecuali berlian). Kamboja, sebagian besar wilayahnya merupakan daratan yang subur karena di sana terdapat salah satu sungai terbesar di Asia, yaitu Sungai Mekong.
            Sebenarnya, Kamboja bisa menjadi sebuah negara yang kaya. Karena dalam beberapa tahun belakangan ini, kondisinya lebih baik dari Ethiopia, Turki, Peru, Mesir, Afganistan atau Irak. Namun dengan tidak stabilnya kondisi politik, maka kemungkinan pertumbuhan ekonomi tidak dapat terwujud.             Pertanian padi merupakan tanaman utama, penanamannya terutama di sekitar Tonselap, istimewa dekat Battambang. Disepanjang sebelah menyebelah hilir Mekong dan di selatan Kompong Cham pada umumnya penghasilan padi rendah, namun demikian masih terdapat kelebihan padi utnuk diekspor karena penduduknya tidak banyak.             Getah merupakan tanaman ladang yang paling penting dan juga sebagai bahan ekspor utama bagi negeri ini. Daerah penanamannya di sepanjang bukit Cardamon dan di tanah tinggi Annam dekat Kompong Cham. Lada hitam termasuk penting, terutama diusahakan orang Cina dan merupakan bahan ekspor. Daerah penanamannya di pegunungan Gajah dekat Kampot. Tanaman lain yang diusahakan merupakan tanaman kering seperti tembakau, kapas, kacang tanah, jagung, kapuk, tebu dan lain-lain. Tanaman ini terutama terdapat di tanah pamah sepanjang Mekong dan Tonselap, sedangkan Jute di sekitar Battambang untuk membuat goni, beras dan tikar kasar.             Perikanan merupakan kegiatan kedua besarnya di negara ini, kebanyakn para petani menjadi nelayan pada musim kering. Daerah perikanan terpenting ialah Tonselap yang menghasilkan 50% dari jumlah tangkapan ikan di Khmer. Daerah perikanan lainnya meliputi kawasan pinggir laut di sepanjang Mekong dan cabang-cabangnya di sawah padi dan paya-paya. Sebagian besar hasil tangkapan ikan di negara ini telah dijadikan bahan ekspor.             Bahan galian (pertambangan) kurang penitng, karena jumlahnya kecil, hanya fosfat dan biji besi yang ditambang dalam jumlah besar. Biji besi terdapat dekat Phnom Penh dan posfat dekat Kampot dan Battambang.
11 4 11
2014-05-06T13:42:45+07:00
Keadaan Alam 
Kamboja memiliki luas sekitar 181.040 kilometer persegi, berbagi perbatasan 800 kilometer dengan Thailand di sebelah utara dan barat, perbatasan 541 kilometer dengan Laos di timur laut, dan perbatasan 1.228 kilometer dengan Vietnam di sebelah timur dan tenggara. Ini memiliki 443 kilometer dari garis pantai sepanjang Teluk Thailand. Fitur geografis yang paling khas adalah danau biasa yang dibentuk oleh Genangan dari Tonle Sap (Danau Besar), berukuran sekitar 2.590 kilometer persegi selama musim kemarau dan memperluas sekitar 24.605 kilometer persegi selama musim hujan. Hal ini biasa padat penduduknya, yang dikhususkan untuk budidaya padi basah, adalah jantung dari Kamboja. Sebagian besar (sekitar 75 persen) dari negara terletak pada ketinggian kurang dari 100 meter di atas permukaan laut, pengecualian sebagai Pegunungan Kapulaga (tertinggi ketinggian 1.813 meter) dan ekstensi tenggara mereka, Dâmrei Pegunungan ("Gajah Pegunungan") (kisaran elevasi 500 -1.000 meter), sebagai baik gawir terjal Pegunungan Dângrêk (elevasi rata-rata 500 meter) di sepanjang perbatasan dengan wilayah Isan Thailand. Elevasi tertinggi Kamboja Phnom Aoral, dekat Pursat di tengah negeri, di 1.813 meter (5.948 kaki) di atas permukaan laut. Suhu berkisar antara 10 ° C sampai 38 ° C dan Kamboja pengalaman musim tropis. Bertiup angin musim barat daya perairan membawa angin kelembaban-sarat dari Teluk Thailand dan Samudera Hindia dari Mei sampai Oktober, dan negara mengalami curah hujan terberat dari bulan September sampai Oktober. The monsun timur laut mengantar pada musim kemarau, yang berlangsung dari bulan November sampai Maret, dengan periode terkering dari Januari sampai Februari. 
7 4 7