Ini soal un matematika kleas 9 tadi-__-penasaran,jawabyaa
amir mempunyai kawat yang di potong menjadi 5 bagian,dan menjadi barisan aritmatika ,jika kawat yang pendek 15 dan yang terpanjang 23,berapa panjang kawat sebelum dipotong?

2
klo ane alhamdulillah 82,5% yakin dan sisanya tebak2
hehehe....
gw 10 apa 9 soal asal yg lain betul betul
sip kang....
Komentar sudah dihapus

Jawabanmu

2014-05-06T11:39:52+07:00
Kalo aku sih bukan kawat melainkan besi yg di potong 5 bagian. 
Kalo yg terpendek itu 15 berarti itu U1 = 15
Kalo yg terpanjang itu berarti Un/U5 = 23 
Jawab: 
U1 = 15... Cari rasio nya dulu/beda dulu. 23-15 : 5-1 = 8/4 r = 2
U5 = 23...

Terus kalo aku, pake logika aja, ngitung mundur dari 23 rasio nya 5 .. :D

lho bukanya sama?
ratio buat geometri beda buat aritmetika
beda 2
ohahaha maaf salah, :D
Komentar sudah dihapus
Jawaban paling cerdas!
2014-05-06T11:40:01+07:00
Kalo gak salah sih gini

U1=15
U5=23

b= \frac{23-15}{5-1}  \frac{8}{4}  = 2

Sn= \frac{n}{2} (2.U1 + (n-1)b
S5= \frac{5}{2} (2.15 + (5-1)2
    = 95

maaf kalo salah~
1 5 1