Tolong ya pakai cara!

Hasil pengamatan dari 40 siswa dikelas 3A, 20 siswa gemar matematika, 24 siswa gemar olahraga dan 5 siswa tidak gemar matematika maupun olahraga.Banyak siswa yang hanya gemar matematika adalah..orang

2
20?
Cara nya gimana?
yang ditulis "20 siswa gemar matematika" itu apa?
dicoba pakai diagram venn
owh.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-06T10:59:35+07:00
40 - 5 = 35 siswa
20 + 24 = 44
44 - 35 = 9 siswa yang menyukai keduanya (matematika dan olahraga)
20 - 9 = 11 siswa yang hanya menyukai matematika
24 - 9 = 15 siswa yang hanya menyukai olahraga

Untuk membuktikannya :
5 + 9 + 11 + 15 = 40 (kalau gak percaya bisa dihitung sendiri)

Semoga bermanfaat :)

2014-05-06T11:00:35+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui:
Siswa                    = 40 siswa 
Gemar matematika = 20 siswa 
Gemar olahraga      = 24 siswa 
Siswa tidak gemar matematika maupun olahraga = 5 siswa 

Ditayakan: hanya gemar matematika......? 

Jawab: 
hanya gemar matematika = (matematika + olahraga) - (siswa - tidak gemar keduanya) 
                                      = (20 + 24) - (40 - 5) 
                                      = 44 - 35 
                                      = 9 
Jadi,banyak siswa yang hanya gemar matematika adalah 9 siswa