Jawabanmu

2014-05-06T10:36:44+07:00
Ya. Pengaruh yang negatif. Karena air sabun (detergen) terus menerus akan berdisfusi ke sel-sel insang. Dan insang pun akan membengkak...
9 2 9
2014-05-06T10:36:57+07:00
Polutan adalah zat yang dapat mencemari lingkungan.Detergen merupakan polutan. Deterjen adalah campuran berbagai bahan, yang digunakan untuk membantu pembersihan dan terbuat dari bahan-bahan turunan minyak bumi. Dibanding dengan sabun, deterjen mempunyai keunggulan antara lain mempunyai daya cuci yang lebih baik serta tidak terpengaruh oleh kesadahan air. Detergen merupakan garam Natrium dari asam sulfonat. Pada umumnya, detergen mengandung bahan-bahan yaitu : surfaktan,builder,filler,aditif. Di dalam Surfaktan terdapat zat ABS,suatu zat yang sukar di rusak oleh mikroorganisme sehingga dapat mencemari lingkungan. Jika lingkungan perairan tercemar oleh limbah deterjen maka akan mengancam dan membahayakan kehidupan biota air dan manusia yang mengkonsumsi biota tersebut.
Operkulum merupakan tutup insang pada ikan.Insang adalah alat pernafasan pada ikan. Insang berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap. Bagian terluar dare insang berhubungan dengan air, sedangkan bagian dalam berhubungan erat dengan kapiler-kapiler darah. Tiap lembaran insang terdiri dare sepasang filamen, dan tiap filamen mengandung banyak lapisan tipis (lamela). Pada filamen terdapat pembuluh darah yang memiliki banyak kapiler sehingga memungkinkan OZ berdifusi masuk dan CO2 berdifusi keluar. Pada insang terjadi pertukaran O2 dan CO2.Mekanismenya adalah tutup insang menutup, mulut terbuka, air masuk melalui mulut, lalu air melewati insang, terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida, lalu mulut menutup, tutup insang (operculum) terbuka, dan akhirnya air keluar dari insang.

Semakin tinggi kadar detergen/sabun pada air, ikan akan cepat mati.

6 3 6