Jawabanmu

2014-05-06T10:57:39+07:00
Masuknya Islam di Kalimantan ini adalah dengan masuknya orang-orang Melayu. Orang-orang Melayu itu datang baik untuk menyebarkan agama Islam, kepentingan politik maupun keperluan perdagangan. Penyebaran Islam di Kalimantan sama halnya dengan penyebaran Islam di Jawa dan Sumatera dimulai dari wilayah pesisir kemudian menyebar ke wilayah pedalaman.           

 Masuknya Islam yang diperkirakan pada tahun 1540, menyebabkan perpindahan di kalangan orang Dayak kepedalaman karena beberapa dari mereka belum bisa memeluk Agama Islam. Setelah memeluk Islam, orang Dayak tidak lagi menyebut diri mereka orang Dayak melainkan menyebut diri mereka orang Melayu.
            Proses Islamisasi Kalimantan  (yang diawali oleh masuknya Islam pada tahun 1540 di wilayah Kalimantan) memiliki cara yang berbeda-beda di masing-masing wilayahnya. Proses Islamisasi di tiap-tiap daerah juga dipengaruhi oleh situasi masing-masing kerajaan dan situasi kerajaan-kerajaan Islam di Jawa yang sedang melancarkan ekspansi kekuasaannya ke wilayah Kalimantan.

Jadikan Jawabn terbaik ya.. :)
Smoga Membntu ^_^