Jawabanmu

2014-05-06T08:51:06+07:00
Great-manTheory:Setiap jaman memiliki pemimpin besar. Perubahan sosial terjadi karena para pemimpinbesar memulai & memimpin perubahan &  menghalangi orang lain yang  berusaha membawa masyarakat kearah yang berlawanan(James, 1980).Trait Theory:Pemimpin memiliki ciri-ciri kepribadian &  karakter yang  berbeda dengan orang lain pada umumnya.Contoh: kemampuan adaptasi terhadap situasi,  kepekaan sosial, ambisius, asertif,  kooperatif, decisive, dapatdiandalkan, keinginanuntuk mendominasi, energik, percayadiri, resistance terhadap stres & mau mengemban tanggung jawab.Situational Theory:Kepemimpinan dipengaruhi oleh situasi dimana faktor-faktor tertentu dari  situasi menentukan ciri-ciri pemimpin yang sesuai untuk situasi tersebut.Munculnya pemimpin dalam suatu organisasi tergantung pada aspek karakteristik birokrasi,   organisasi informal, karakteristik hubungan antara atasan bawahan, rancangan tugas yang  memungkinkan individu mencapai aktualisasi diri dan  aspek kesesuaian antarasasaran organisasi dengan sasaran individual para anggotanya(Bennis, 1981).

maaf kurang jarak, soalnya komputernya error, gbs di enter td... tp, smg bermanfaat ya! dan tolong sekali jadikan jawabn ini sebagai yang terbaik!! trims sebelumnyaaa!! ;) :) ^_^
2014-05-06T08:52:39+07:00
Teori Genetis. Teori ini menyatakan sebagai berikut : a.Pemimpin itu tidak dibuat, akan tetapi lahir jadi pemimpin oleh bakat-bakat alami yang luar biasa sejak lahirnya.
b.Dia ditakdirkan lahir menjadi pemimpin dalam situasi dan kondisi yang bagaimanapun juga.
Kedua, Teori Sosial (Lawan teori genetic), yang menyatakan sebagai bertikut : a.Pemimpin itu harus disiapkan, dididik, dan dibentuk, tidak terlahirkan begitu saja.
b.Setiap orang bisa menjadi pemimpin, melalui usaha penyiapan dan pendidikan, serta didorong oleh kemauan sendiri.
Ketiga, Teori Ekologis atau Sintesis (muncul sebagai reaksi dari kedua teori tersebut lebih dahulu). Teori ini menyatakan bahwa Seseorang akan sukses menjadi seorang pemimpin, bila sejak lahirnya telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan, dan bakat-bakat ini sempat dikembangkan melalui pengalaman dan usaha pendidikan; juga sesuai dengan tuntutan lingkungan/ekologisnya. Pemimpin mempunyai sifat, kebiasaan, temperamen, watak dan kepribadian sendiri yang unik dan khas, sehingga tingkah laku dan gayanyalah yang membedakan dirinya dari orang lain. Gaya atau style hidupnya ini pasti akan mewarnai perilaku dan tipe kepemimpinannya. (maaf kalau salah)