Jawabanmu

2016-05-18T20:24:25+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Untuk menjawab pertanyaan ini, kita dapat melihat dari dua konteks 

1. Konteks sejarah :

Dari konteks sejarah bangsa Indonesia pada masa lalu merupakan negara yang mudah diadu domba, hal ini dikarenakan bangsa Indonesia memiliki keragaman atau perbedaan di bidang bahasa, suku, agama, tempat tinggal, warna kulit, budaya. Oleh karena itu bangsa Indonesia dapat dijajah oleh negara belanda yang jauh lebih kecil dari negara Indonesia karena kita mudah diadu domba. Melihat dari sejarah ini kita seharusnya menjadi bangsa yang lebih bijaksana dan tidak mudah diadu domba.

Saat kita bersatu maka kita mendapatkan kemerdekaan, bila seluruh rakyat Indonesia bersatu maka tidak ada yang dapat mengalahkan kita. 

2. Konsep Geopolitik : Terjemahan nya adalah konsep wawasan nusantara atau konsep yang terdiri dari konsep ruang, konsep perbatasan, konsep pertahanan negara, dan konsep politik. 

Sadar akan bangsa dan bernegara di sini sangat penting, mengapa? karena Indonesia secara geografis terletak di wilayah strategis, dua benua dan dua samudera. Kaya akan sumber daya. Jumlah penduduk yang banyak merupakan pasar potensial untuk bisnis yang berbasis pada konsumer produk. Sebagai bangsa kita perlu tahu bahwa kita harus menjaga pertahanan negara kita, bangga sebagai bangsa Indonesia, namun di atas itu semua adalah bersatu menjaga setiap jengkal wilayah tanah air kita. 

Caranya dengan hidup rukun, saling menghargai, dan saling gotong royong membangun negara. 
4 4 4